SEKITAR KITA

Satpol PP Situbondo dan Kantor Bea Cukai Jember Rilis Penindakan Rokok Ilegal di Situbondo

Diterbitkan

-

Memontum Situbondo – Petugas Bea dan Cukai Jember bersama Satpol PP Kabupaten Situbondo, secara kontinue melakukan operasi dan berhasil melakukan 152 kali penindakan terhadap peredaran rokok ilegal di Situbondo selama Januari hingga Oktober 2023.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Jember, Asep Munandar, menjelaskan bahwa operasi rokok ilegal yang dilakukan bersama Satpol PP selama 10 bulan tersebut, juga berhasil mengamankan sekitar 1 juta batang rokok ilegal. “Kalau perkiraan nilai barang dari 1 juta batang rokok itu, bisa senilai Rp1 miliar lebih. Sehingga, potensi kerugian negara di bidang cukai sekitar Rp700 juta,” kata Asep Munandar, dalam Konferensi Pers ‘Kegiatan Penindakan Rokok Ilegal di Situbondo’, bertempat di Aula Satpol PP Situbondo, Rabu (08/11/2023) tadi.

Ditambahkan Asep Munandar, bahwa peredaran rokok ilegal di Situbondo, terbilang masih marak. Meskipun, pelaksanaan operasi hampir tiap hari dilakukan. Peredaran rokok ilegal tersebut, ibarat fenomena gunung es. Dimana antara yang berhasil diamankan, hanya yang tampak di permukaan dan yang belum diamankan justru lebih banyak.

“Tahun ini peredaran rokok ilegal di Situbondo, itu masih marak. Hampir di semua kecamatan, itu ada peredaran rokok ilegal,” paparnya.

Advertisement

Baca juga :

Asep berharap, hingga dua bulan ke depan atau hingga akhir tahun 2023, Petugas Bea dan Cukai Jember akan mampu mencapai target operasi sebesar Rp 156 miliar. Karena, untuk capaian dari Januari hingga Oktober 2023 di wilayah kerja Bea Cukai Jember, masih tercapai sekitar Rp 104 miliar

“Artinya, masih ada angka yang harus kita penuhi hingga akhir Desember 2023 untuk memenuhi target,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Situbondo, Sopan Efendi, berharap jika peredaran rokok ilegal di Situbondo, bisa segera menurun. Karena dengan begitu, maka akan menjadi bukti bahwa sosialisasi yang dilakukan memang memberikan dampak.

Advertisement

“Kita kerap melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang rokok ilegal, yang tentunya menimbulkan banyak kerugian negara. Karenanya, angka penurunan rokok ilegal, semoga terdampak,” bebernya.

Sopan-panggilan akrab Kasatpol PP Situbondo, juga berharap kepada perusahaan media yang bermitra dengan Satpol PP, agar berpartisiapsi aktif untuk menginformasikan kepada masyarakat terkait peredaran rokok ilegal yang sangat merugikan negara. “Kami berharap, kemitraan dengan rekan media juga bisa menekan peredaran rokok ilegal. Karena, masyarakat bisa kian paham dan bisa bersama-sama mengantisipasi peredaran rokok ilegal,” paparnya.​ (her/sit/adv)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas