SEKITAR KITA

Gempur Rokok Ilegal, Satpol PP Situbondo Gelar Event Balap Sepeda Internasional

Diterbitkan

-

Memontum Situbondo – Sosialisasikan Gempur Rokok Ilegal, Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menggelar event Balap Sepeda Internasional bertajuk ‘Tour De Rengganis’. Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal yang menggunakan anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tersebut, diharapkan mampu menyadarkan masyarakat bahwa menjual rokok ilegal salah satu bentuk melawan hukum dan merugikan keuangan negara.

Kepala Satpol PP Situbondo, Sopan Efendi, mengatakan bahwa event balap sepeda internasional Tour De Rengganis ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya mensosialisasikan program Gempur Rokok Ilegal dengan anggaran berasal dari DBHCHT. “Kegiatan ini selain bertujuan untuk memperkenalkan wisata di Kabupaten Situbondo, juga menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mensosialisasikan program Gempur Rokok Ilegal,” kata Sopan, Jumat (07/06/2024) tadi.

Kegiatan ini, sambung Sopan, bakal digelar pada 15 Juni 2024 hingga 16 Juni 2024 serta pendaftaran gratis untuk semua atlet balap sepeda baik dari dalam dan luar negeri yang memiliki lisensi UCI (Union Cycliste Internationale atau Uni Sepeda Internasional).

“Semua orang bisa ikut daftar, tapi nanti diseleksi menjadi 300 pembalap sepeda yang punya lisensi UCI dan memenuhi standarisasi. Para pendaftar akan diseleksi oleh Ikatan Sport Sepeda Indonesia atau ISSI (Indonesia Cycling Federation) Provinsi Jawa Timur,” ujarnya.

Advertisement

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan ini mengatakan bahwa dalam balap sepeda Tour De Rengganis itu ada enam kategori yang dilombakan. Diantaranya Men Elite, Women usia 16 tahun atau lebih, Men Junior usia 17-18 tahun, Men Youth usia 15-16 tahun, Men Master A usia 30-39 tahun serta katagori Men Master B usia 40 tahun atau lebih.

Baca juga :

“Setiap kategori akan diambil 3 juara, dengan total hadiah keseluruhan sebesar Rp 120 juta,” jelasnya.

Tidak hanya itu yang disampaikan Sopan, dirinya menjelaskan bahwa perlombaan Tour De Rengganis ini terbagi menjadi dua session lomba. Yakni, Cycling For All (session 1) dan Individual Road race (Session 2), dengan penjelasan pembalap yang menyelesaikan session 1 sesuai batas waktu yang ditentukan berhak mengikuti session 2.

Advertisement

“Untuk petunjuk lengkapnya bisa diakses melalui form pendaftaran atau di https://bit.ly/tourderengganis2024,” ujar Sopan

Sedangkan, rute yang akan dilalui para pembalap sepeda ini, sambung Sopan, akan dimulai pada 15 Juni 2024, dengan start di Pantai Bama Taman Nasional Baluran dan Finish di Desa Curah Tatal Situbondo. Kemudian, dilanjut pada 16 Juni 2024 dari Pendopo Aryo dan Finish di Tugu Kecamatan Sumbermalang Situbondo.

“Para pembalap akan menempuh rute sepanjang 69 kilometer di hari pertama 15 Juni dan 77 kilometer di hari kedua 16 Juni 2024. Para pembalap sepeda akan melalui rute-rute datar dan menanjak. Saya berharap dengan adanya event Balap Sepeda Internasional ini, bisa mempromosikan Kabupaten Situbondo ke dunia internasional baik wisatanya maupun UMKMnya,” papar Sopan.

Dalam event balap sepeda Internasional ini, kata Sopan, pesan utamanya Gempur Rokok Ilegal dan bersama-sama memerangi rokok ilegal. “Kios dan warung-warung masyarakat kami himbau untuk berhenti menjual rokok ilegal. Karena dengan rokok ilegal, maka merugikan keuangan negara. Ayo bersama-sama kita Gempur peredaran Rokok Ilegal, karena rokok ilegal juga tidak baik untuk kesehatan,” papar Kasatpol PP Situbondo. (her/sit/adv)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas