SEKITAR KITA

59 Stand Meriahkan Pelaksanaan Festival Kopi dan Tembakau di Alun-alun Situbondo

Diterbitkan

-

Memontum Situbondo – Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Situbondo, menggelar Festival Kopi dan Tembakau di Alun-alun, Sabtu (02/09/2023) malam. Pelaksanaan yang berlangsung selama dua hari itu, menghadirkan 59 stand yang terdiri dari stand lokal kopi Situbondo sebanyak 10 stand, kopi dari luar Kabupaten Situbondo sebanyak 8 stand, tembakau Situbondo ada 8 stand, UMKM Situbondo sebanyak 34 stand dan stand Bank Jatim.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi, mengatakan bahwa dalam pelaksanaan ini dihadiri para bayer yang memiliki komitmen untuk terus mengembangkan potensi kopi maupun tembakau yang ada di Kabupaten Situbondo.

“Alhamdulillah dari hasil kunjungan lapangan ke kelompok tani tembakau maupun kopi bersama bayer dan investor, kualitas kopi dan tembakau Situbondo, dinyatakan bagus serta bermutu tinggi. Para bayer dan investor berkomitmen bakal membantu pengemasan tembakau tambeng agar lebih bagus lagi. Sehingga, tembakau ini akan lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia maupun Internasional,” jelas Bupati Situbondo.

Baca Juga :

Advertisement

Dalam kesempatan itu, dirinya juga kembali meminta petani tembakau di Kabupaten Situbondo, untuk terus meningkatkan kualitas dan mutu tembakau. Karena ketika kualitas dan mutu turun, maka rasa yang muncul juga berkurang.

“Saya minta kepada seluruh petani tembakau di Kabupaten Situbondo, untuk tidak coba-coba mempoles keaslian dan kualitas tembakau tambeng yang sudah ada. Urusan kualitas, sama hal dengan urusan orang terkenal. Dimanapun dia berada, pasti akan di cari. Ketika kualitas, mutu dan aroma tembakau Situbondo, enak serta nikmat, maka saya yakin akan menarik para investor untuk datang dan mencari tembakau Situbondo,” tambahnya.

Selain tembakau, Bupati Karna juga menjelaskan bahwa Situbondo juga memiliki kopi yang berkualitas. “Kalau Kopi Luwak Situbondo, itu juga meraih Juara I tingkat dunia dan Kopi Robusta Situbondo juga pernah Juara I tingkat nasional tahun 2017,” terang Bupati Karna.

Hadir dalam pembukaan Festival Tembakau Situbondo tahun 2023, Forkopimda Situbondo, Wabup Situbondo, Ketua TP PKK Situbondo, pengusaha rokok dan kopi, Jeremy Thomas bersama rombongan hingga petani kopi serta tembakau. (her/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas