SEKITAR KITA

Peringatan Tahun Baru Islam, Pemkab Situbondo Gelar Lomba Lampion dan Pesta Kembang Api

Diterbitkan

-

SAMBUTAN: Bupati Situbondo dalam rangkaian Peringatan Tahun Baru Islam. (memontum.com/her)

Memontum Situbondo – Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 H di Kabupaten Situbondo dimeriahkan dengan berbagai perlombaan, pawai lampion dan pesta kembang api, Sabtu (06/07/2024) tadi. Kegiatan ini, diikuti siswa-siswi SMP, MTs, SMA, SMK, MA Negeri dan swasta di Depan Pendopo Aryo Situbondo.

Pawai dan lomba lampion tersebut, dimulai dengan ditekannya tombol pelepasan oleh Bupati Situbondo, Karna Suswandi didamping Sekda Situbondo, Ketua Pengadilan Situbondo, Kasi Intel Kejari Situbondo dan Kepala OPD. Bersamaan dengan itu, dinyalakan ribuan kembang api yang disaksikan oleh ribuan masyarakat Situbondo.

Bupati Karna Suswandi mengatakan bahwa peringatan 1 Muharam ini akan menjadi titik tolak bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo, untuk bersama-sama berbenah agar ke depan lebih baik lagi. “Tahun Baru Islam merupakan momentum penting bagi Umat Islam di seluruh dunia. Maka, setiap 1 Muharam selalu diperingati oleh Umat Islam,” kata Bupati Karna.

Tidak hanya itu, pada momentum tahun baru Islam tersebut, dirinya juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. “Untuk menjadi kabupaten ini lebih baik lagi, tentunya kita butuh partisipasi seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Situbondo. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama membangun untuk masa depan Situbondo yang lebih baik,” tambah Bupati Karna.

Advertisement

Baca juga :

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, yang Sekdakab Situbondo, Wawan Setiawan, mengatakan bahwa peringatan Tahun Baru Islam ini, secara rutin setiap tahunnya dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo. “Maksud dan tujuan dilaksanakan peringatan Tahun Baru Islam ini untuk mengenang kembali hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah,” kata Sekda Wawan.

Dalam peristiwa hijrah tersebut, sambung Sekda Wawan, sebagai Umat Islam hendaknya bisa mengambil hikmah dan pesan yang terkandung dalam hijrah tersebut. “Tema dalam peringatan ini, yaitu dengan semangat tahun baru islam kita memperkuat islamiyah menuju Situbondo berjaya dan berkelanjutan,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini, Sekda Wawan juga turut menandai pelaksanaan dengan menyalakan kembang api. “Adapun peserta yang mengikuti lomba lampion ini sebanyak 37 peserta dari sekolah-sekolah di wilayah Kecamatan Kota, Panarukan, Kendit, Panji, Kapongan dan Mangaran,” jelasnya.

Advertisement

Untuk menyemarakkan pawai dan lomba lampion, Pemkab Situbondo menyediakan hadiah dengan jumlah total sebesar Rp 30 juta serta trophy dan piagam penghargaan. (her/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas