Pendidikan

Meriahkan Peringatan Hari Kemerdekaan dan Harjakasi, Ribuan Siswa Ikuti Lomba Gerak Jalan

Diterbitkan

-

Memontum Situbondo – Ribuan siswa sekolah tingkat SD, baik negeri maupun swasta meriahkan lomba gerak jalan dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia Ke-78 dan Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) Ke-205, Senin (07/08/2023) tadi. Kegiatan gerak jalan yang diadakan Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud), ini memgambil start dari depan Pendopo Aryo Situbondo dan finish di depan Masjid Al Abror Situbondo.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dispendikbud Kabupaten Situbondo, Siti Aisyah, mengatakan jika lomba gerak jalan tersebut diikuti oleh 127 Sekolah Dasar sederajat se Kabupaten Situbondo. “Alhamdulillah hari ini lomba gerak jalan dimulai dari tingkat SD sederajat se kabupaten Situbondo dan semuanya hadir,” ujarnya.

Lebih lanjut Aisyah mengungkapkan, jika dasar pelaksanaan kegiatan tersebut selain memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia serta Hari Jadi Kabupaten Situbondo, juga sebagai implementasi menanamkan sikap patriotisme serta nasionalisme dalam diri siswa. “Sudah sepatutnya kita menghargai perjuangan para pahlawan. Karenanya, dalam pelaksanaan ini saya sangat menghargai semangat anak-anak yang mengikuti gerak jalan,” ungkapnya.

Baca juga :

Advertisement

Selain itu, ujarnya, melalui gerak jalan juga memupuk rasa kebersamaan dan kedisiplinan bagi siswa siswi di Kabupaten Situbondo. “Untuk Lomba gerak jalan ini, diambil Juara I sampai Juara III. Semuanya dapat trophy dan piagam,” tuturnya.

Siti Aisyah juga mengatakan kalau lomba gerak jalan tersebut tidak mengganggu jam pelajaran, karena siswa-siswi tetap mengikuti pelajaran. “Kegiatan ini dimulai setelah jam pelajaran selesai, tadi anak-anak juga tidak diliburkan. Jadi saya kira tidak mengganggu jam pelajaran,” tegasnya.

Sebagai informasi, selain gerak jalan SD, juga akan diadakan lomba gerak jalan SMP yang akan diadakan pada hari Selasa (08/08/2023) serta gerak jalan SMA dan umum pada hari Rabu (09/08/2023). “Untuk SMP diikuti 73 peserta, sedangkan SMA dikuti 39 peserta. Sedangkan untuk umum atau unik, diikuti 31 peserta,” tambahnya. (her/gie)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas