SEKITAR KITA

Banjir Rob Rendam Ratusan Rumah di Situbondo

Diterbitkan

-

Banjir Rob Rendam Ratusan Rumah di Situbondo

Memontum Situbondo – Banjir rob merendam ratusan rumah di tiga desa di Kabupaten Situbondo, Kamis (22/12/2022) malam. Adapun kampung nelayan yang terendam banjir rob, meliputi Desa Pesisir dan Desa Demung di Kecamatan Besuki serta Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Memontum.com, tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam peristiwa banjir air laut ini. Namun, ratusan rumah warga nelayan di tiga desa di dua kecamatan tersebut, terendam dan beberapa perahu nelayan mengalami kerusakan.

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Situbondo, Puriyono mengatakan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 20.00. Air mulai masuk ke pemukiman warga dengan ketinggian mulai dari 10 centimeter hingga 30 centimeter. “Ketinggian air laut yang memasuki rumah warga di Desa Pesisir bervariasi. Mulai dari 10 hingga 30 centimeter,” ujarnya, Jumat (23/12/2022) tadi.

Baca juga :

Advertisement

Lebih lanjut disampaikan Puriyono, ada empat dusun di Desa Pesisir, yang terdampak banjir rob. Yaitu Dusun Lesehan Lor, Lesehan Kidul, Gudang dan Mandaran. Sedikitnya ada 140 rumah warga Desa Pesisir yang terendam air laut.

“Untuk yang di Desa Demung, ada sebanyak dua dusun. Yakni Dusun Karang Anyar dan Demung. Kemudian Desa Kilensari, ada dua dusun juga. Yaitu Dusun Pesisir Selatan serta Pesisir Utara, Dusun Lesehan Lor ada 30 rumah, Lesehan Kidul 50 rumah, Gudang 25 rumah dan Mandaran 35 rumah,” katanya.

Di Dusun Karang Anyar dan Kampung Demung, Desa Demung, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo, sedikitnya ada 35 rumah penduduk terendam air laut. Selanjutnya, di Dusun Pesisir Selatan dan Dusun Pesisir Utara, Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan ada sekitar 70 rumah penduduk yang terendam banjir rob. (her/gie)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas