SEKITAR KITA

KSOP Panarukan Situbondo Sosialisasikan Aplikasi Inaportnet untuk Pengguna Jasa Pelabuhan

Diterbitkan

-

KSOP Panarukan Situbondo Sosialisasikan Aplikasi Inaportnet untuk Pengguna Jasa Pelabuhan

Memontum Situbondo – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Panarukan, Kabupaten Situbondo, melaksanakan sosialisasi Aplikasi Inaportnet kepada pengguna jasa di Pelabuhan Panarukan tahun 2022, di Hall Room Pasirputih Situbondo, Kamis (20/10/2022) tadi. Dalam sosialisasi yang dibuka langsung oleh Kepala KSOP Kelas IV Panarukan, Herland Apriyanto, rencananya akan berlangsung selama dua hari.

Herland Apriyanto mengatakan, bahwa tujuan pelaksanaan ini untuk mengenalkan kepada para pengguna jasa pelabuhan, mengenai Aplikasi Inaportnet, yang menjadi program pemerintah pusat. “Pelayanan Inaportnet ini, berawal dari pelayanan manual, yang kemudian terintegritas menjadi pelayanan tersistem. Dan layanan Inaportnet, ini sudah diterapkan di pelabuhan-pelabuhan besar di Indonesia, terutama di pelabuhan kelas satu dan dua,” ujarnya.

Sosialisasi Inaportnet tahun ini, tambahnya, dilakukan di KSOP Panarukan dan KSOP Kalianget, Jawa Timur. “Untuk tahun depan, sebanyak 150 KSOP akan melaksanakan sosialisasi program Inaportnet,” paparnya.

Baca juga :

Advertisement

Pria kelahiran Situbondo ini juga mengatakan, bahwa tujuan sosialisasi tersebut agar para pengguna jasa dan para operator pelabuhan, bisa mengoperasikan layanan Inaportnet secara benar dan tepat. “Diharapkan pada Desember 2022 mendatang, para pengguna jasa maupun operator KSOP Panarukan, sudah bisa menggunakan layanan Aplikasi Inaportnet. Sehingga, semua kegiatan perkapalan bisa terintegrasi dengan Kementerian Keuangan yang tersistem dan memudahkan para pengguna jasa dalam hal pelayanan publik,” terang Herland Apriyanto.

Sistem Informasi Inaportnet ini, tambah Herland, merupakan layanan yang dipergunakan untuk membantu proses permohonan pelayanan kapal hingga dikeluarkannya izin pengoperasian kapal. Mulai dari kapal masuk, kapal tambat, kapal tunda hingga kapal keluar termasuk pembayaran PNBP.

“Jadi, semangat Inaportnet ini, adalah percepatan pelayanan dan mempermudah pengguna jasa. Pastinya, transparan dan akuntabel. Sistem layanan Inaportnet ini, secara perlahan akan terintegrasi dengan Komisi Pembarantasan Korupsi,” jelasnya. (her/gie)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas