SEKITAR KITA

Hadiri Pelepasan Larung Sesaji, Bung Karna Apresiasi Kekompakan Masyarakat Pesisir Panarukan Situbondo

Diterbitkan

-

Hadiri Pelepasan Larung Sesaji, Bung Karna Apresiasi Kekompakan Masyarakat Pesisir Panarukan Situbondo

Memontum Situbondo – Bupati Situbondo, Karna Suswandi, beserta Ketua TP PKK, Hj Juma’ati Karna Suswandi, menghadiri pelepasan larung sesaji dalam rangka acara rutin petik laut di Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Situbondo, Sabtu (13/08/2022) tadi.

Kepala Desa Kilensari, Erfan Riskafanda, dalam sambutannya mengatakan bahwa pelepasan larung sesaji ke tengah laut itu merupakan ritual rutin tiap tahun yang dilaksanakan masyarakat pesisir desa sebagai wujud syukur atas hasil tangkapan yang diperoleh selama setahun. Prosesi ritual tersebut, juga dilaksanakan dengan prosesi selamatan.

Pelaksanaan ritual larung sesaji ini, tambahnya, murni swadaya masyarakat. Pemerintah Desa Kilensari, dalam hal ini hanya memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

“Atas nama pemerintah desa dan secara pribadi, kami sampaikan banyak terima kasih pada masyarakat dan berbagai pihak yang turut mensukseskan ritual Petik Laut ini,” kata Kades Kilensari.

Advertisement

Semoga, tambahnya, dengan pelepasan larung sesaji dan selamatan ini, dalam beraktifitas para nelayan akan semakin dilancarkan rejekinya. Serta, dijauhkan dari segala musibah.

Baca juga :

Bupati Situbondo, Karna Suswandi, dalam kesempatan itu mengapresiasi antusiasme masyarakat atas kekompakan dalam melaksanakan kegiatan ini. “Kebersamaan dan kekompakan ini sangatlah penting di pelihara. Suksesnya sebuah pemerintahan, tentu tidak lepas dari peran masyarakat. Dengan kekompakan dan kebersamaan, maka segala bentuk kegiatan akan mudah terselesaikan,” kata Bung Karna-sapaan Bupati Situbondo.

Sebagai bentuk kepedulian pemerintah Situbondo, ujarnya, pihaknya akan meminta KSOP Panarukan agar membangun cold storage (custurid). Dengan adanya gedung pendingin, maka hasil tangkapan ikan nelayan bisa disimpan.

“Gedung pendingin ini mempunyai fungsi untuk menyimpan ikan. Sehingga, ketika harga ikan di pasar mulai membaik, maka ikan-ikan bisa dikeluarkan untuk di pasarkan,” papar Bung Karna.

Advertisement

Semoga, lanjutnya, gedung cold storage tersebut bisa secepatnya dibangun. Sehingga, masyarakat petani bisa memanfaatkan dengan baik.

Di akhir acara, Bung Karna secara simbolis melepaskan puluhan balon ke udara pertanda larung sesaji siap dilepas ke tengah laut. Setelah itu, Bung Karna bersama Forkopimda juga turut membantu mendorong perahu yang berisi sesaji ke bibir pantai. (her/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas