SEKITAR KITA

Polres Situbondo Salurkan Bantuan Sosial Tunai untuk PKL, Warung dan Nelayan

Diterbitkan

-

Polres Situbondo Salurkan Bantuan Sosial Tunai untuk PKL, Warung dan Nelayan

Memontum Situbondo – Polres Situbondo kembali menyalurkan program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung dan Nelayan (BTPKLWN) dari pemerintah pusat melalui Menteri Keuangan (Kemenkeu) RI, Minggu (20/03/2022). Bantuan ini diberikan, khusus kepada para PKL, usaha warung dan nelayan, yang tidak tercover program pemerintah.

Penyaluran bantuan ini, dilaksanakan di Gedung Indor Polres Situbondo. Turut hadir dalam pelaksanaan itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, Dandim 0823 Situbondo, Letkol Inf Neggy Kuntagina, Kepala Kejaksaan Negeri dan Kepala Cabang BRI Kabupaten Situbondo.

Kapolres Situbondo, AKBP Andi Sinjaya, mengatakan bahwa BTPKLWN merupakan program Kemenkeu RI yang penyalurannya melibatkan Polri. Bantuan ini sebagai bentuk dukungan pemerintah pusat kepada pelaku usaha mikro dan nelayan di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga:

Advertisement

”Kami dari Polri diberikan tanggung jawab untuk menyalurkan dana program BTPKLWN untuk pedagang kaki lima, warung dan nelayan yang belum menerima bantuan pemerintah. Seperti BLT (bantuan langsung tunai), BST dan BPUM dan lainnya. Untuk bantuan BTPKLWN sendiri, sebesar Rp 600 ribu per orang. Sedangkan, jumlah masyarakat nelayan yang menerima bantuan ini sebanyak 13.250 nelayan dan masyarakat pedagang kaki lima serta warung jumlahnya sebanyak 6 ribu orang,” jelas AKBP Andi Sinjaya.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan bahwa sebelum bantuan ini diberikan, semua calon penerima sudah melalui verifikasi. Kegiatan ini semuanya, terdokumentasi serta akan dilaporkan ke Mabes Polri. “Tahun sekarang jumlahnya bantuannya lebih besar dari tahun kemarin,” tuturnya.

Selain menyalurkan bantuan tunai ini, sambung Kapolres Situbondo, pihaknya juga memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat dan melaksanakan vaksinasi kepada penerima bantuan yang belum divaksin. “Bantuan ini merupakan bantuan untuk pemulihan ekonomi nasional. Semoga, bantuan ini bermanfaat untuk modal tambahan usaha bagi penerimanya,” ujar AKBP Andi Sinjaya.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi, dalam sambutannya mengatakan bahwa atas nama Pemkab Situbondo, mengucapkan terima kasih dengan penyerahan bantuan langsung tunai kepada PKL, warung dan nelayan. “Alhamdulillah, Polres Situbondo dapat amanah dari pemerintah pusat untuk membantu masyarakat Kabupaten Situbondo, yang terdampak pandemi Covid-19,” ujarnya.

Bupati Karna berharap, penerima manfaat bisa memanfaatkan untuk tambahan modal usaha. Sedangkam bagi nelayan, juga bisa untuk menambahi peralatan nelayan sehingga akan peroleh pendapatan lebih baik lagi. “Sehingga, kedepannya masyarakat penerima manfaat dapat mempergunakan bantuan uang ini meringankan beban hidup di masa pandemi Covid-19 ini,” ujarnya. (her/gie)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas