Pemerintahan

Bupati Situbondo Beri Sembako Puluhan Lansia

Diterbitkan

-

SIMBOLIS: Bupati H Dadang menyerahkan paket sembako kepada lansia di Kelurahan Dawuhan, pagi kemarin (im)

Memontum Situbondo – Warga lanjut usia (lansia) mulai bulan ini mendapatkan bantuan permakanan dari Pemkab Situbondo. Bentuknya berupa paket sembako. Hanya saja, sementara yang dapat hanya lansia di Kelurahan Patokan, Dawuhan, Mimbaan dan Kelurahan Ardirejo. Rabu (04/9/2019).

Bupati H Dadang Wigiarto SH menyerahkan paket bantuan permakanan tersebut kepada lansia di empat kelurahan tersebut. Di samping sembako, penerima bantuan juga mendapatkan uang tunai dari bupati. Program ini akan berjalan selama lima bulan ke depan.

KEPALA DAERAH: Bupati memberikan sambutan sebelum penyerahan bantuan permakanan di Kelurahan Dawuhan. (im)

KEPALA DAERAH: Bupati memberikan sambutan sebelum penyerahan bantuan permakanan di Kelurahan Dawuhan. (im)

Bupati H Dadang mengatakan, bantuan permakanan sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap lansia. Menurutnya, mereka perlu mendapatkan makanan yang sehat untuk dikonsumsi.

“Karena tidak sedikit lansia di Situbondo kondisinya sangat memprihatinkan. Meskipun tidak seberapa, paling tidak pemerintah sudah hadir,” katanya.

H Dadang menambahkan, ini hanya untuk mengawali. Pada tahap awal hingga lima bulan ke depan, sasarannya tidak hanya lansia di empat kelurahan. Ke depan, bukan tidak mungkin ke desa-desa yang lain.

Advertisement

“Sehingga lebih banyak lagi yang mendapatkan bantuan,” ujarnya.

Melalui program tersebut, pemerintah juga akan mengetahui kondisi para lansia. Sehingga tidak ada lansia yang hidup terlantar.

“Jika ada lansia hidup sebatang kara, akan langsung dicarikan solusi agar terurus dengan baik,” kata H Dadang.

 SUMRINGAH: Puluhan lansia menghadiri undangan penyerahan bantuan permakanan. (im)

SUMRINGAH: Puluhan lansia menghadiri undangan penyerahan bantuan permakanan. (im)

Menurutnya, pemerintah daerah juga akan memastikan, pelayanan kesehatan yang diterima lansia sudah baik. Ke depan, tidak bolah ada lansia yang dipersulit mendapatkan pelayanan-pelayanan dasar.

“Kalau saya dengar ada lansia yang dipersulit, saya akan turun tangan sendiri,” pungkas bupati.

Advertisement

Muhaya, salah satu lansia asal Kelurahan Patokan, Kecamatan Situbondo mengaku sangat bahagia mendapatkan bingkisan sembako dari pamerintah daerah. Dia mengatakan, dirinya sudah tidak bisa bekerja sejak sepuluh tahun lalu.

“Tapi saya masih punya anak perempuan yang menanggung semua biaya hidup,” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Situbondo, Lutfi Joko Prihatin mengatakan, bantuan permakanan berisi beras, gula, kecap, serta bahan pokok lainnya. Dia menerangkan, saat ini sebanyak 195 lansia yang mendapatkan bantuan.

“Nanti setiap bulan dapat paket sembako selama lima bulan,” jelasnya.

Advertisement

Semua kategori lansia berhak mendapatkan bantuan. Baik produktif, non produkif dan lansia terlantar. Ke depan, program ini direncanakan melekat di masing-masing desa/kelurahan.

“Sehingga Dinsos tinggal monitoring saja,” pungkas Lutfi. (im/oso)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas