Kabar Desa

Antisipasi Abrasi Pantai, Koramil Banyuglugur Lakukan Penanaman Ratusan Bibit Mangrove

Diterbitkan

-

Antisipasi Abrasi Pantai, Koramil Banyuglugur Lakukan Penanaman Ratusan Bibit Mangrove

Memontum Situbondo – Koramil Banyugulur dan pemerintah desa setempat melaksanakan penanaman ratusan bibit Pohon Mangrove, Minggu (26/12/2021).

Batuut Koramil 0823/17 Banyuglugur, Pelda Wahyu Sujatmiko, di sela-sela kegiatan mengatakan bahwa penanaman itu dilakukan dalam rangka penghijauan di sekitar pesisir pantai untuk mengurangi dampak dari abrasi pantai. “Kegiatan penghijauan ini kita lakukan secara bersama dengan masyarakat pesisir, pemerintah Desa Banyuglugur dan juga beberapa intansi terkait,” ujarnya.

Dirinya menerangkan, penanaman dilakukan di sisi Timur pantai yang berbatasan dengan Kecamatan Besuki, dan sisi Barat berbatasan dengan batas Kabupaten Probolinggo.

Baca juga :

Advertisement

“Area ini masuk binaan koramil Banyuglugur. Jadi, sangat penting jika di sepanjang pantai tersebut dilakukan penghijauan dengan menanam jenis Tanaman Mangrove,” ucapnya.

Dirinya menyebutkan, bahwa tanaman Mangrove bisa membantu antisipasi air laut jika pasang. Sehingga, dapat mengurangi abrasi yang diakibatkan oleh terjangan ombak.

“Kami berharap, selain penanaman bibit Mangrove ini bermanfaat bagi kondisi alam sekitar, juga bisa menjadi daya tarik wisata. Baik itu lokal dan mancanegara. Kami juga berharap, kegiatan ini bisa jadi edukasi dan motivasi bagi masyarakat pantai dan juga pemuda untuk mencintai dan peduli pada kelestarian lingkungan,” terangnya. (her/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas