Pemerintahan

Siapkan Pembangunan Jalan untuk Dusun Merak Sumberwaru, Bupati Situbondo Cek Kondisi Lapangan

Diterbitkan

-

Siapkan Pembangunan Jalan untuk Dusun Merak Sumberwaru, Bupati Situbondo Cek Kondisi Lapangan

Memontum Situbondo – Bupati Situbondo, Karna Suswandi, melakukan kunjungan ke Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jumat (24/12/2021) tadi. Kunjungan itu dilakukan, untuk melakukan pengecekan langsung rencana pembangunan jalan yang akan dilakukan pada awal tahun 2022.

“Saya dan Kepala DPUPR mengecek ke lokasi hari ini, karena pada awal tahun depan, insyaallah akses ke Dusun Merak akan mulai dibangun,” ujar Bung Karna-sapaan Bupati Situbondo.

Selama ini, kata bupati, akses menuju Dusun Merak, atau yang dihuni lebih dari 1.000 jiwa, itu sulit ditempuh. Terlebih, saat memasuki musim penghujan, warga harus menempuh jalur laut, karena jalur darat tidak bisa dilalui.

Dengan pembangunan peningkatan jalan menuju Dusun Merak, Bupati Karna Suswandi optimistis, bahwa perekonomian warga yang tinggal di kawasan Taman Nasional Baluran akan meningkat. Karena, akses masyarakat sudah baik.

Advertisement

“Selama bertahun-tahun warga Merak terkendala akses. Sehingga, untuk melakukan aktivitas ekonomi sulit. Jalur darat susah ditempuh, kalau hujan tidak bisa dilalui dan harus menempuh jalur laut dengan biaya yang tentunya tidak sedikit,” tuturnya.

Baca juga :

Ditambahkan Bung Karna, semula Pemkab Situbondo hanya diizinkan membangun jalan makadam menuju Dusun Merak, yang berada di kawasan Taman Nasional Baluran. “Awalnya, memang hanya diizinkan untuk membangun akses makadam (lapen). Kemarin, saya dapat konfirmasi lagi BKSDAE mengizinkan untuk di aspal. Kami berharap, partisipasi seluruh masyarakat Desa Sumberwaru dalam pembangunan jalan menuju Dusun Merak,” terangnya.

Mengenai rencana itu, pun disambut antusias warga. Jumhari, mengaku senang mendengar kabar jika jalan yang selama ini dilaluinya itu akan dibangun. Karena, jalan menuju Dusun Merak itu medannya sangat sulit dan tidak bisa dilalui saat musim hujan.

“Sekarang kan sudah musim hujan. Kalau mau ke Merak, ya lewat jalur laut. Karena kalau lewat darat, jalannya berbatu dan sangat licin, tidak bisa dilalui,” ujarnya.

Advertisement

Warga setempat berharap, jalan menuju Merak, bisa segera diperbaiki. Karena dengan pembangunan akses menuju Merak, akan lebih leluasa saat mengunjungi keluarganya yang ada di Dusun Merak.

“Saudara saya tinggal di sana. Kalau sudah musim hujan, saya tidak bisa ke sana, karena jalannya licin dan tidak bisa dilalui sepeda motor. Dusun Sidomulyo Karangtekok menuju Merak, butuh waktu tempuh sekitar 2 jam dengan jarak 10 kilometer,” katanya. (her/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas