Pemerintahan

Pemkab Situbondo Gelontor Bantuan 2500 Bibit Durian Montong dan Kelengkeng Gratis ke Petani Jatibanteng

Diterbitkan

-

Pemkab Situbondo Gelontor Bantuan 2500 Bibit Durian Montong dan Kelengkeng Gratis ke Petani Jatibanteng

Memontum Situbondo – Belum usai pembagian pupuk urea gratis kepada para petani, Pemkab Situbondo kembali menyalurkan ribuan bibit Durian Montong dan Kelengkeng Diamond secara cuma-cuma alias gratis kepada para petani di dua desa di Kecamatan Jatibanteng. Adalah Desa Sumberanyar dan Desa Pategalan, yang mendapatkan bantuan bibit buah, Jumat (03/12/2021).

Bupati Situbondo, Karna Suswandi, mengatakan bahwa total ada 2500 bibit Durian Montong dan Kelengkeng Diamond, yang dibagikan kepada petani. Tujuan dari pemberian bantuan itu, agar kedua desa tersebut sebagai sentra penghasil buah yang terkenal dengan harganya yang mahal itu.

“Sambil mendistribusikan pupuk urea gratis, kami juga membagikan 1500 bibit Kelengkeng Diamond kepada tiga kelompok tani di Desa Sumberanyar. Yakni, Sumber Cayaha, Tirto Argo dan Anugerah. Kemudian, ada bantuan 1000 bibit Durian Montong untuk dua kelompok tani di Desa Pategalan. Yaitu Bunga Desa serta Pagar Gunung,” kata Bupati Situbondo.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengungkapkan, dari hasil survei lapangan yang dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Situbondo, bahwa kedua desa tersebut cocok untuk dijadikan sentra penghasil Durian Montong dan Kelengkeng Diamond. “Seperti yang kita ketahui bersama, Desa Sumberanyar dan Pategalan, Kecamatan Jatibanteng ini udaranya sangat sejuk. Selain itu, wilayahnya pegunungan dengan tanah yang subur. Insyaallah, cocok untuk kedua buah tersebut,” ujarnya.

Advertisement

Baca juga :

Bung Karna meminta kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Situbondo, agar melakukan pemetaan wilayah guna mengetahui potensi disetiap kecamatan yang ada di Kota Santri Pancasila. Sehingga, tiap kecamatan yang ada di Kota Santri Pancasila ini bisa memiliki potensi unggulannya masing-masing.

“Saya tidak ingin tanaman mangga, kelengkeng, durian, kopi, vanilla disebar ke semua kecamatan di Situbondo. Nanti tidak akan maksimal hasilnya. Kami ingin difokuskan pada satu wilayah. Sehingga, setiap kecamatan menjadi sentra,” tegasnya.

Bupati yang murah senyum ini berharap, para petani di dua desa tersebut bisa merawat bibit Durian Montong dan Kelengkeng Diamond bantuan dari Pemkab Situbondo itu. Sehingga, bisa berbuah di usia 4 sampai 5 tahun.

“Saya sampaikan kepada ketua kelompok tani, agar segera didistribusikan ke anggotanya. Sehingga, bisa ditanam karena sekarang masih musim hujan. Dan kasih pupuk yang cukup. Lalu, lakukan itu secara teratur agar cepat berbuah,” paparnya. (her/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas