SEKITAR KITA

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Satpolairud Situbondo Dapati Nelayan Cari Ikan di Laut tanpa Alat Keselamatan

Diterbitkan

-

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Satpolairud Situbondo Dapati Nelayan Cari Ikan di Laut tanpa Alat Keselamatan

Memontum Situbondo – Patroli Satpolairud Polres Situbondo membantu nelayan pancing yang sedang mencari ikan di tengah laut tanpa menggunakan alat keselamatan di perairan Kalbut, Rabu (10/11/2021). Sesuai arahan Kapolres Situbondo, Kasat Polairud, AKP Hari Pamuji, mengintensifkan patroli perairan dalam rangka mengimbau para nelayan dan masyarakat pesisir pantai untuk mengantisipasi cuaca ekstrem. Seperti, curah hujan tinggi, angin kencang dan gelombang tinggi.

“Kami mengimbau kepada nelayan dan masyarakat pesisir untuk senantiasa memantau kondisi cuaca setiap harinya, sebagai langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya musibah kecelakaan di laut,” jelas AKP Hari Pamuji.

Baca juga :

Dalam patroli tersebut, anggota Satpolairud mendapati nelayan pancing yang sedang mencari ikan, hingga ke tengah laut atau sekitar 2 mil dari pantai dengan menggunakan perahu dari ban tanpa memakai alat keselamatan. Demi keselamatan dan mewaspadai perubahan cuaca seperti gelombang tinggi, nelayan tersebut dibantu regu patroli kembali ke pantai.

“Saat patroli, kami menjumpai nelayan pancing menggunakan ban dan tidak menggunakan alat keselamatan. Karena terlalu jauh hingga ke tengah laut, jadi kami ajak untuk kembali menggunakan kapal patroli Satpolairud,” terangnya.

Advertisement

Dalam kegiatan antisipasi bencana khususnya di perairan laut, Satpolairud Polres Situbondo terus berkoordinasi dengan instansi terkait. Seperti Syahbandar, TNI AL, BPBD dan SAR untuk memberikan informasi dan sosialisasi keselamatan kepada nelayan dan masyarakat pesisir. (her/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas