SEKITAR KITA

Dinas Perikanan Situbondo Latih Pengolahan Ikan dari Gurita dan Baracuda

Diterbitkan

-

Dinas Perikanan Situbondo Latih Pengolahan Ikan dari Gurita dan Baracuda

Memontum Situbondo – Dinas Perikanan Situbondo memberikan pelatihan kepada ibu-ibu warga Desa Semiring dan Tanjung Pecinan, Rabu (10/11/2021). Pelatihan berupa ‘diservikasi pengolahan hasil perikanan menjadi berbagai menu makanan produk olahan ikan’, itu berlangsung di salah satu rumah makan di Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo.

Kepala Dinas Perikanan Situbondo, Sophan Efendi, mengatakan bahwa Kabupaten Situbondo merupakan daerah pesisir yang mempunyai hasil laut cukup banyak. Sehingga, dengan adanya pelatihan diharapkan masyarakat memiliki keahlian untuk mengolah hasil ikan laut menjadi berbagai menu makanan agar nilai ekonomisnya tinggi.

“Jadi, ibu-ibu setelah mengikuti pelatihan dengan keahliannya, dapat dan bisa membuka usaha secara mandiri untuk menambah penghasilan ekonomi keluarganya. Kegiatan pelatihan ini diadakan selama tiga hari, yaitu dua hari untuk pemberian materi olahan ikan dan hari ketiga diajari packing agar bisa dijual didalam dan luar kota,” terangnya.

Baca juga :

Advertisement

Ditambahkan Sophan, setelah usai pelatihan, peserta akan diberi alat pendukung. Tujuannya, agar menunjang dan supaya dapat bekerja dirumah, sebagai bagian tindak lanjut pelatihan.

“Nanti kalau usaha olahan ikan mereka terus berkembang dan diterima oleh pasar, maka akan dibentuk lima kelompok untuk dilakukan pembinaan. Kemudian, kita juga akan membantu dalam pengurusan izin usaha P-IRT, izin label halal MUI dan pendaftaran izin ke BPOM,” jelasnya.

Lebih lanjut Sophan menambahkan, bahwa pihaknya akan terus memantau dan membimbing kelompok pengolah ikan sampai mandiri. Sehingga, dapat membentuk home industri dan mudah-mudahan bisa terus berkembang menjadi pabrik.

Perlu diketahui, ujarnya, Dinas Perikanan bekerja-sama dengan anggota Komisi IV DPRD Situbondo Fraksi PPP melalui program Jasmasnya untuk mengadakan acara pelatihan pengolahan hasil perikanan yang diadakan saat ini. “Hari ini materi menu olahan ikan yang diajarkan kepada peserta yaitu membuat makanan Takoyaki berbahan dasar Gurita dan makanan Takinaga yang bahan dasarnya dari Baracuda atau bisa juga ikan laut,” terangnya. (her/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas