Pemerintahan

Capaian Vaksinasi Lansia Rendah untuk OPD, Bupati Situbondo Kecewa

Diterbitkan

-

Memontum Situbondo – Bupati Situbondo, Karna Suswandi, geram sekaligus kecewa. Penyebabnya, capaian vaksinasi untuk Lansia di wilayah Kabupaten Situbondo, dinilai kurang optimal.

Padahal, Bupati Karna telah memberikan instruksi kepada seluruh ASN melalui Surat Edaran atau SE tentang percepatan capaian vaksinasi untuk Lansia, agar OPD hingga pejabat di lingkungan Pemkab Situbondo, sosialisasi dan turut mengajak Lansia untuk mengikuti vaksin Covid-19 dosis pertama.

“Perlu ada pergerakan secara masif yang dilakukan dan perlu strategi. Tujuannya, agar OPD ini bisa mencapai target vaksinasi terhadap Lansia,” ujar Bung Karna, sapaan Bupati Situbondo,

Advertisement

Senin (08/11/2021).

Bung Karna mengaku, agar capaian vaksinasi Lansia bisa tercapai, maka perlu dilakukan evaluasi agar pelaksanaannya bisa efektif. Sehingga, berbagai kesulitan di lapangan bisa menemukan solusi.

“Saya sangat berharap gerakan vaksinasi Lansia lebih maksimal. Sehingga target 70 persen capaian vaksinasi Lansia, segera tuntas,” tegas Bung Karna.

Baca Juga :

Advertisement

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau BKP-SDM setempat, Dr Fathor Rahman M.Pd, mengaku hingga saat ini memang belum ada komitmen yang kuat dari setiap OPD untuk menterjemahkan SE Bupati tersebut. “Harus ada komitmen yang kuat dari seluruh pimpinan OPD, untuk mendata para lansia. Capaian vaksinasi yang rendah dipetakan, dan harus ada kerjasama yang baik antar OPD,” ujar Fathor.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil dan Dinas Kesehatan, pun harus menginformasikan sejumlah Lansia agar mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat terbawah yaitu tingkat RT atau RW. “Ini harus kerja tim. Contoh Dinkes, kepala dinasnya melaporkan memperoleh 10 Lansia. Ini membuktikan masih bergerak satu persatu, tidak secara tim,” ujarnya.

Dalam seminggu ke depan, pihaknya akan melakukan evaluasi kinerja semua OPD terkait capaian vaksinasi lansia. Hasil evaluasi itu akan dipampang sebagai bahan koreksi kinerja OPD.

“Hasilnya kita umumkan, sehingga kita tahu kinerja setiap OPD, dalam pencapaian vaksinasi terhadap Lansia,” imbuhnya.

Dalam SE Pencaapian Vaksinasi Lansia itu merinci target vaksinasi lansia terhadap ASN di Lingkungan Pemkab Situbondo, yaitu, pejabat eselon II mengajak 10 orang, eselon III.a delapan orang, eselon III.b tujuh orang.

Advertisement

Eselon IV.a enam orang, eselon IV.b lima orang, staf dua orang, pengawas 4 orang, kepala sekolah tiga orang, guru (PNS dan PPPK) masing-masing dua orang dan Non ASN dua orang.

Catatan Dinkes setempat, capaian vaksinasi Covid-19 bagi Lansia per Minggu 7 November 2021, yaitu 34,9 persen dari sasaran 84.422 Lansia. Sedangkan capaian untuk masyarakat umum sebanyak 57,9 persen dari sasaran 548.304 orang. (her/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas