Kabar Desa

Masyarakat RW 04 Dawuhan Situbondo Peringati Maulid Nabi

Diterbitkan

-

Memontum Situbondo – Setelah 2 tahun lamanya vakum akibat pandemi Covid-19, kegiatan masyarakat di Kabupaten Situbondo, kembali dilaksanakan. Kegiatan masyarakat mulai bangkit kembali, namun tetap menerapkan Prokes ketat. Seperti tradisi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kembali dilaksanakan masyarakat RW 04, Kelurahan Dawuhan Krajan dengan acara sholawatan. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua TP PKK RW 04 beserta jajaran, Ketua RT 01 Lingkungan RW 04 beserta Pengurus, tokoh masyarakat, Ketua Remaja Katak Kerker RT 01 beserta anggota dan masyarakat se RW 04 terdiri, dari RT 01 sampai RT 05. Yakni dengan penceramah Ustadzah Reky Lidyawati SPd MPd I.

Baca juga:

Ketua TP PKK RW 04, Devy menyampaikan bahwa Maulid Nabi Muhammad SAW ini adalah salah satu hari bersejarah umat Islam secara keseluruhan. Semua umat Nabi Muhammad SAW akan melakukan perayaan di seluruh dunia. Begiti juga dengan masyarakat Kelurahan Dawuhan.

“Rasa haru dan rasa bahagia bercampur jadi satu terlihat dan terasa pada pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW kita kali ini. Bagaimana tidak, sekian lamanya masyarakat khususnya RW 04, Kelurahan Dawuhan Krajan tidak merasakan acara seperti ini,” ujarnya.

Advertisement

Dari penuturan salah seorang warga yang juga merupakan tokoh masyarakat H.Mashudi atau yang akrab disapa Jih Udik ini mengatakan bahwa sudah hampir 2 tahun tidak merasakan kebahagiaan secara bersama. Apalahi dalam suasana momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Kita sangat terkesan oleh kerja keras Ketua RT 01, Prayudi beserta jajaran RT nya. Ketua Remaja Katak Kerker yang sangat kompak mempersiapkan segala keperluan untuk suksesnya jalan acara peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW 1443 H yang didukung oleh tokoh masyarakat. Sudah banyak kegiatan positif yang telah dilakukan oleh perangkat bersama tokoh masyarakat dan remajanya,” ujar Jih Udik.

Informasi yang diterima media, seperti baru-baru ini telah dibentuk dan ditunjuk kepengurusan dari kelompok remaja yang diberi nama dengan kelompok Remaja Katak Kerker. Dalam berkegiatan, Katak Kerker bersama dengan rekan sebayanya mengaktifkan beberapa kegiatan yang selama ini terhenti seperti gotong royong, olahraga, pengajian dan wiridan, serta ronda malam dalam rangka menjaga Kamtibmas khususnya di Lingkungan RT 01.

Katak Kerker yang dikomandoi oleh Viky ini sebelumnya adalah remaja yang kesehariannya banyak berkegiatan secara kelompok kecil di lingkungannya. Namun karena tangan dingin perangkat RW, RT dan tokoh masyarakatnya, sehingga sekarang Katak Kerker sudah memiliki pemuda sebagai benteng pertahanan lingkungan RT 01 Dawuhan.

Advertisement

Ketua RT 01, Prayudi bersama dengan perangkat dan tokoh masyarakat yang lain,  siang dan malam terus melakukan pembinaan dan pendampingan kepada Viky dan kawan kawan. Devy selaku Ketua TP PKK RW 04 memberikan apresiasi kepada seluruh Warga RW 04 yang meliputi 5 RT ini  yang telah  memberikan kontribusi dan sumbangsihnya terhadap kelancaran dan suksesnya acara peringatan Maulid Nabi SAW ini dengan menampilkan Hadrah Asy-Syafaah berkolaborasi dengan musik gamelan.

“Kita berharap kedepannya RW 04 bisa lebih baik lagi sesuai dengan keunikan hadrah Asy-Syafaah RT 01 yang berkolaborasi dengan musik gamelan dan gambus sehingga ada keunikan tersendiri hadrah ini,” ujarnya. (her/gie)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas