SEKITAR KITA

Nelayan di Situbondo Mendapat Pelatihan Teknologi Penangkapan Ikan

Diterbitkan

-

Memontum Situbondo – Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo mengadakan Pelatihan Teknologi Penangkapan Ikan bagi nelayan kecil dalam Daerah/Kabupaten Situbondo. Acara ini dilaksanakan di aula RM Kaliurang, Kapongan, Situbondo, Senin (11/10/2021). Pelatihan ini diikuti oleh 20 peserta nelayan dari Desa Arjasa.

Hadir dalam acara ini, Kepala Dinas Perikanan beserta jajarannya, Wakil Ketua Dewan Kabupaten Situbondo dari Fraksi Partai Golkar Dapil ll, Heru Sugiartono, Narasumber Pelatihan Teknologi dari UPT PTKP3 Probolinggo, Agus Setiawan dan Tomhari.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo, Sophan Efendi mengatakan bahwa beberapa upaya telah dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan keahlian para nelayan. Diantaranya berupa Pelatihan Teknologi Penangkapan Ikan. “Diharapkan terjadinya proses pemberdayaan nelayan dalam pengelolaan sumberdaya perikanan secara lestari yang pada akhirnya dapat menurunkan angka kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan nelayan,” ujarnya.

Baca juga:

Advertisement

    Pihaknya akan terus membangun sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Situbondo. “Dalam rangka pelatihan ini mari bersama – sama untuk terus berupaya dan bekerja keras dalam membangun sektor kelautan dan perikanan di kabupaten Situbondo ini dengan cara memanfaatkan sebaik -baiknya setiap program-program pemerintah yang ada dan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab,” ucapnya.

    Sophan juga menambahkan, terlaksananya kegiatan ini tak lain berkat dukungan dari Wakil Ketua DPRD Kabupaten Situbondo yaitu Heru Sugihartono. “Teorinya dilaksanakan hari ini, sedangkan prakteknya besok. Untuk prakteknya kita menyediakan lima mesin 12 PK untuk nelayan pancingan. Harapan kami agar masyarakat paham dengan penggunaan peralatan yang kita bantu. Jangan sampai nantinya program ini hanya dilewati saja, jangan sampai para nelayan tidak tahu caranya merawat mesin dan sebagainya,” sambungnya.

    Pelatihan ini mendapat support dari Pokok pikiran (Pokir) atau jaringan asipirasi masyarakat (Jasmas ) Wakil DPRD dari Fraksi Partai Golkar Heru Sugihartono. Menampung aspirasi para nelayan Arjasa sebagai peserta pelatihan dengan prasarana. Disediakan mesin 12 PK sebanyak 4 unit, dibagi 4 kelompok peserta yang didominasi nelayan pesisir Arjasa. Mereka mempelajari tentang pengoperasian alat tangkap ramah lingkungan, mesin diesel dan troubleshooting, serta praktik pengoperasian mesin 12 PK.

    “Kami berharap pelatihan ini jadi proses pembelajaran dan pemberdayaan nelayan Arjasa dalam pengelolaan sumberdaya perikanan secara lestari. Pada akhirnya dapat menumbuhkan semangat mereka menjadi nelayan dan menghasilkan produksi yang dapat dijual untuk meningkatkan sosial ekonomi keluarga,” harapnya.

    Lebih lanjut, Sophan Efendi menyampaikan, sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Situbondo berpotensi menjadi penggerak perekonomian daerah karena memiliki potensi panjang pantai yang sangat luas. amun hal ini belum sepenuhnya termanfaatkan secara optimal. “Dengan adanya pelatihan ini, kami akan terus berupaya untuk membantu meringankan beban masyarakat terutama nelayan dalam meminimalisir risiko usaha,” ujarnya.

    Advertisement

    Sementara itu, Wakil Ketua DPRD, Heru Sugihartono SH menjelaskan bahwa peserta yang diusulkan dalam pelatihan ini sebanyak 20 peserta nelayan dari Desa Arjasa. 

    “Pelatihan ini ada 20 peserta yang semuanya itu adalah nelayan. Kolaborasi antara nelayan senior dengan yang junior. Jadi 10 peserta nelayan senior dan 10 peserta junior dengan harapan dapat menyerap ilmunya dengan baik. Kegiatan ini kami laksanakan sesuai dengan aspirasi masyarakat untuk meningkatkan perekonomiannya,” ujarnya. (her/gie)

    Advertisement
    Click to comment

    Tinggalkan Balasan

    Terpopuler

    Lewat ke baris perkakas