KREATIF MASYARAKAT

Inovasi Topeng Mongkor, Kesenian Khas Situbondo yang Kian Eksis di Tengah Pendemi Covid-19

Diterbitkan

-

Memontum Situbondo – Pandemi Covid-19, tidak sepenuhnya membuat kesenian di Situbondo, menjadi redup. Seperti Kesenian Topeng Mongkor seni tradisional khas Situbondo, ternyata mampu bertahan dan justru terus menggeliat.

Hosnatun atau biasa disapa Cak Tutun-panggilan akrabnya, selaku Pendiri Perkumpulan Masyarakat Topeng Mongkor (PMTM) Situbondo, menjelaskan bahwa menggeliatnya kesenian tradisi ini sebagai wujud kepedulian dalam melestarikan budaya luhur dan khasanah seni tradisional Situbondo

Baca Ju0ga:

    Dikatakan, PMTM Situbondo sengaja mendirikan Sanggar Seni dan Budaya Topeng Mongkor. Tujuannya, agar dinaungi siswa siswi dari sekolah-sekolah dan universitas di Situbondo dan sekitarnya, termasuk masyarakat sekitar melalui berbagai kegiatan rutin berkesenian, pementasan, termasuk ajang kreasi seni dan budaya.

    “Kesenian Topeng Mongkor ini juga sering tampil di Pendopo. Apabila ada tamu kehormatan yang berkunjung ke Kabupaten Situbondo, biasa disuguhi topeng khas ini,” ujar Cak Tutun, Selasa (17/08) tadi.

    Advertisement

    Selama masa pandemi, dijelaskan, kesenian ini tetap bertahan. Bahkan, PMTM Situbondo berencana mendirikan beberapa toko sembako dan alat tulis atau stasionery.

    PMTM Situbondo juga mendirikan Klinik Terapi Kesehatan Listrik dan UMKM obat tradisional, dalam bentuk jamu tradisional Situbondo. Ini adalah sebuah market interkoneksi tradisional swadaya pertama di Situbondo, yang memberikan peluang berusaha bagi masyarakat petani agrobisnis lokal berekonomi lemah. Adapun di sektor lingkungan, lanjutnya, PMTM Situbondo mengajak masyarakat lokal untuk melakukan investasi dengan cara menanam kayu keras. (her/sit)

    Advertisement
    Click to comment

    Tinggalkan Balasan

    Terpopuler

    Lewat ke baris perkakas