SEKITAR KITA

Pelatihan Berbasis Kompetensi PKPTK APBD 2021 Resmi Ditutup

Diterbitkan

-

Memontum Situbondo – Kepala Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja ( UPT BLK) Kabupaten Situbondo, Pujianto, S Pd MM, Rabu (30/06) secara resmi menutup kegiatan pelatihan  berbasis kompetensi  Program Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja (PKPTK) APBD tahun 2021 institusional. Berlangsung di aula Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Situbondo. Pelatihan yang di selenggarakan oleh BLK Kabupaten Situbondo. Guna mematuhi standar protokol kesehatan, acara penutupan hanya diwakili 20 peserta dari jumlah 64 peserta, pelatihan dari 4 kejuruan, kejuruan instalasi penerangan, Menjahit, Operator Basic Office dan Design grafis, sementara kejuruan las OAW bertempat di Rutan kelas IIB Situbondo.

Prosesi penutupan diawali dengan laporan panitia penyelenggara, Djatmiko, mengatakan tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja di wilayah kabupaten Situbondo tahun anggaran 2021.

Baca Juga:

    Lebih lanjut Djatmiko menambahkan untuk meningkatkan dan menciptakan lapangan kerja dan usaha mandiri, sehingga dapat mengurangi pengangguran terbuka khususnya di wilayah Kabupaten Situbondo.

    Serta meningkatkan dan menciptakan tenaga kerja dibidangnya,  dari 16 peserta dari kejuruan instalasi penerangan dinyatakan kompeten 16 orang, dan 16 peserta dari kejuruan operator basic office dinyatakan kompeten 16 orang, dari 16 peserta kejuruan menjahit juga dinyatakan kompeten 16 orang, serta 16 peserta kejuruan design grafis dinyatakan kompeten 16 orang dengan pelaksanaan pelatihan terhitung mulai tanggal  29 juni 2021 dengan 240 jam pelajaran ataun 33 hari.

    Advertisement

    Sementara Kepala UPT BLK Kabupaten Situbondo, Pujianto S Pd MM, mengatakan pelatihan berbasis kompetensi PKPTK Institusional yang diadakan di UPT BLK ini ada 4 kejuruan yakni, kejuruan instalasi penerangan, kejuruan menjahit, kejuruan operator basic office dan kejuruan design grafis sedangkan kejuruan las OAW bertempat di Rutan Situbondo.

    “Uji kompetensi oleh asesor independen yaitu kejuruan operator basic office dan, instalasi penerangan,” tambah Pujianto.

    Masih menurutnya, para peserta pada dua kejuruan tersebut kalau kompeten akan dapat sertifikat yaitu sertifikat dari BLK dan sertifikat dari NSP. Sementara untuk kejuruan menjahit itu akan uji kompetensi kelas intensif selama 2 bulan.

    “Orang besar adalah orang yang mau berkerja keras tidak mudah menyerah, selalu berusaha tahap demi tahap dan perbanyak koneksi jika ingin usaha kita maju, Tidak lupa dengan mengembangkan inovasi terbaru,” ungkap Kepala UPT BLK Situbondo dalam sambutan penutupan pelatihan.

    Advertisement

    Karena itu, melalui pelatihan ketrampilan tersebut diharapkan akan lahir wirausahawan baru yang dapat membuka lapangan kerja baru. Terlebih mereka yang berhasil memiliki sertifikat kompetensi, Akan memiliki nilai plus saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan untuk bahan perbandingan.

    Pelaksanaan pelatihan tahun 2021 di BLK Situbondo ini dilaksanakan setiap hari senin sampai jumat di gedung BLK Kabupaten Situbondo sejak 29 juni 2021 hingga selesai sesuai jadwal pelaksanaan pelatihan pada tiap kejuruan.

    Sementara Kasubsi Pengelolaan Rutan Kelas IIB Situbondo, Salugu, mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih banyak kerjasama dengan UPT BLK Situbondo yang selama ini telah terjalin dengan baik.

    “Memang salah satu tugas kami adalah pembinaan warga binaan terutama warga asli Situbondo yang diharapkan setelah keluar dari Rutan maupun Lapas mendapatkan suatu keahlian yang dapat bermanfaat bagi minimal keluarganya atau orang lain,” ungkap Salugu.

    Advertisement

    Lebih lanjut Salugu menambahkan Ia berharap selaku pimpinan, tidak kembali lagi melakukan tindak pidana, jadi warga binaan bisa berguna bagi masyarakat. Peserta pelatihan dari warga binaan ini diseleksi/disaring yang sudah memenuhi syarat secara administrasi mengikuti pelatihan dan pelatihan ini berbasis kompetensi dengan mendapatkan sertifikat, dan mendapatkan keahlian dengan harapan berguna bagi masyarakat. (her/ed2)

    Advertisement
    Click to comment

    Tinggalkan Balasan

    Terpopuler

    Lewat ke baris perkakas