Kabar Desa

Puluhan Perangkat Desa Duwet Situbondo di Swab PCR karena Positif Covid

Diterbitkan

-

Memontum Situbondo – Sebanyak 16 perangkat desa dan 8 masyarakat Desa Duwet, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo melaksanakan Swab PCR di Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) Panarukan, Jumat (25/06).

Swab PCR yang dilakukan 16 perangkat Desa Duwet dan 8 warga Desa Duwet, berawal dari salah satu perangkat desa yang positif Covid-19. Kemudian, PKM Panarukan melakukan tracing dan ditindaklanjuti dengan Swab PCR.

Baca juga:

Keterangan yang disampaikan Ketua Satgas Covid-19 Duwet, Adi Candra Kharisma, menjelaskan bahwa Swab PCR di PKM Panarukan yang dilakukan perangkatnya salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Satu Keluarga terpapar Covid-19, salah satunya perangkat desa. Untuk memutus penyebaran Covid-19, maka saya mengajak perangkat desa melakukan Swab PCR di PKM Panarukan,” jelas Kades Duwet Adi Candra Kharisma.

Advertisement

Lebih lanjut, Candra menjelaskan, terkonfirmasinya satu keluarga yang terdiri dari bapak, ibu, anak dan menantu ini diduga kluster Tenaga Kesehatan (Nakes). “Untuk memastikan tidak dan adanya perangkat desa yang terkorfirmasi Covid-19, maka saya dan belasan perangkat Desa Duwet Swab PCR,” ujarnya.

Candra menjelaskan, selain para perangkat desa yang di swab, beberapa warga yang diduga kuat kontak erat dengan yang terpapar Covid-19 juga ikut di swab. “Untuk perangkat yang di swab ada 16 dan 8 orang warga,” kata Candra.

Tak hanya itu yang disampaikan Candra, namun dirinya juga masih akan mencari tahu klaster penyebarannya. “Apa ini kluster hajatan atau kluster nakes. Tapi anak perangkat desa saya, merupakan nakes di Puskesmas. Dan tiga orang keluarganya hasil Swabnya positif semua,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Panarukan, dr. Imam Hariyono, mengatakan belasan perangkat desa dan warga Desa Duwet yang di Swab PCR, seluruhnya berjumlah 24 orang. Untuk perangkat desa ada 16 orang dan 8 warga yang kontak erat dan bergejala,” kata dr Imam Hariyono.

Advertisement

Imam menjelaskan, hasil Swab PCR yang dilakukan terhadap belasan perangkat desa dan warga tersebut langsung dikirim ke Rumah Sakit Abdoer Rahem Situbondo. “Hasil Swab baru turun dua hingga tiga hari kedepan,” kata dr. Imam Hariyono. (her/ed2)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas