Kabar Desa

Bupati Situbondo Minta Kades Percepat Pengesahan APBDes

Diterbitkan

-

Bupati Situbondo Minta Kades Percepat Pengesahan APBDes

Memontum Situbondo – Bupati Situbondo, Karna Suswandi, meminta kepada 78 kepala desa (Kades) untuk segera mengesahkan Anggaran Pendapat dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2021 di Aula Graha Wiyata Praja Pemkab Situbondo, Kamis, (04/03) tadi.

Hal tersebut disampaikan Karna Suswandi, guna mempercepat pencairan BLT Desa dan mendukung kegiatan PPKM mikro di Kabupaten Situbondo.

“Hari ini saya memotivasi kepala desa agar segera menyelesaikan kewajibannya. Agar bisa segera menggunakan APBDesnya untuk penanganan Covid-19,” ucap Karna Suswandi.

Bung Karna-sapaan akrabnya mengatakan, bila APBDes tidak segera disahkan maka, berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Santri. Hal tersebut terjadi lantaran rendahnya daya beli masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19.

Advertisement

“Kalau itu mengendap di kas desa, maka tidak akan mampu memberikan peningkatan pertumbuhan ekonomi,” tegasnya.

BACA JUGA: Kasun Karang Rejo Dilantik, Muspika Alasmalang Situbondo Titip Pelayanan dan Kebersamaan Atasi Covid-19

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Lutfi Joko Prihatin, menjelaskan bahwa total ada 78 kepala desa yang belum menyelesaikan pengesahan APBDes.

“Dari total 132 desa ada, 54 desa sudah selesai. Sementara sisanya 78 desa, kita beri waktu satu minggu untuk menyelesaikannya,” jelasnya.

Advertisement

Lutfi berharap, kedepan tidak ada desa yang terlambat dalam mengesankan APBDes. “Kedepan semua harus cepat, mengingat pak. bupati ingin ada sinergitas pembangunan,” paparnya. (her/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas