Pemerintahan

Usai Dilantik, Bung Karna Lakukan Penanaman Porang Secara Simbolis

Diterbitkan

-

Usai Dilantik, Bung Karna Lakukan Penanaman Porang Secara Simbolis

Memontum Situbondo – Sehari usai acara penyambutan dan doa bersama di Pendopo Kabupaten Situbondo, Bupati Karna Suswandi langsung melakukan kunjungan kerja ke Desa Semambung, Kecamatan Jatibanteng, Minggu (28/02) tadi.

Namun, sebelum melakukan kunjungan itu, Bung Karna-sapaan Bupati Situbondo, lebih dahulu meninjau jembatan ambrol di Desa Kukusan Kecamatan Kendit.

Usai meninjau jembatan ambrol, Bung Karna langsung bergeser kunjungan kerja ke Desa Semambung, Kecamatan Jatibanteng.

Kehadiran Bung Karna ke lokasi tersebut, tidak lain untuk melakukan penanaman Porang secara simbolis. Bung Karna mengatakan, antusiasme masyarakat untuk menanam Porang sangat tinggi. Untuk itu, tahun 2021 Pemkab Situbondo telah menyiapkan lahan 6.350 hektar.

Advertisement

“Saya bersyukur, Alhamdulillah masyarakat yang ada dipinggiran hutan sangat luar biasa untuk menanam Porang. Data yang kami terima, masa tanam tahun 2021 ada 6 ribu lebih lahan yang disiapkan,” ujar Bung Karna.

BACA JUGA: Tanaman Porang menjadi Primadona Baru Bisnis di Kawasan Hutan Situbondo

Lebih lanjut pria asal Desa Curah Tatal ini mengaku, dalam waktu dekat akan dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang melibatkan tujuh pihak.

Yaitu, Pemkab Situbondo, Dinas Tanaman Pangan Holticultura dan Perkebunan, BI, Bank Jatim dan BNI, Perhutani, LMND dan PT Asia Prima Konjac (APK). “Dalam waktu dekat akan ada kerjasama yang melibatkan tujuh pihak,” ungkapnya.

Advertisement

Mantan Kadis PUPR Lumajang menambahkan, tanaman Porang merupakan jenis tanaman yang mudah tumbuh di segala lahan dan tahan terhadap cuaca panas.

“Porang ini tanaman dimana-mana bisa tumbuh. Sehingga, tidak memerlukan perawatan. Apalagi dirawat dengan baik, pasti hasilnya memuaskan,” paparnya. (her/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas