SEKITAR KITA

Antisipasi Gagal Panen, DTPHP Situbondo Lakukan Gerakan Basmi Wereng

Diterbitkan

-

Memontum Situbondo – Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Situbondo, mengadakan gerakan membasmi hama wereng dengan penyemprotan menggunakan insektisida.

Kepala DTPHP Kabupaten Situbondo, Ir Sentot Sugiono M Si, pada kesempatan tersebut mengatakan, wereng coklat merupakan salah satu hama utama tanaman padi. Hama ini telah populer di kalangan petani sejak tahun 1970-an.

“Wereng coklat merupakan hama global. Kerusakan akibat serangan hama ini cukup luas dan hampir terjadi pada setiap musim tanam. Secara langsung wereng coklat akan menghisap cairan sel tanaman padi, sehingga tanaman menjadi puso, tidak ada hasilnya alias kering dan akhirnya mati,” ujar Sentot Sugiono saat dikonfirmasi memontum.com, Kamis (28/01) siang.

Baca Juga: Jadikan Situbondo Pusat Budidaya Sorgum, Pemkab Gandeng PT Sorgum Koltim Sejahtera

Advertisement

Ditegaskan Sentot, kalau dilihat dari atas, tanaman seolah-olah bagus tanaman padinya. Tetapi, padi dirusak dari bawah, karena penuh dengan wereng. Ini yang menjadi kekhawatiran petani mulai dari Kapongan, Poka’an, Gebangan, Kesambirampak dan juga dapat laporan dari petani Suboh, Mlandingan, Besuki.

Oleh karena itu DTPHP mengadakan gerakan membasmi wereng dengan turun bersama-sama. Di Kabupaten Situbondo ada sekitar 5.000 hektar yang lahannya ditanami padi terus menerus Artinya petani menanam padi secara terus menerus tidak diselingi menanam jagung atau kedelai, maka hama wereng ini akan terus berkembang dengan kondisi ringan sampai sedang,

Salah satu petani, Misyanto (53) membenarkan dengan adanya serangan hama wereng pada tanaman padi miliknya. Kami lantas melaporkan kepada PPL Kecamatan setempat, untuk segera bisa ditangani supaya tidak meyebar. Walaupun tingkat serangan cukup rendah ada 2 hektar lahan terserang hama, tapi bila tidak segera ditangani sejak dini, maka akan terjadi kegagalan panen. Kami juga mulai menanam tanaman Refugia di sekitar lahan sawah supaya dapat mengurangi serangan hama wereng.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih dengan Pemkab Situbondo, melalui DTPHP Kabupaten Situbondo sudah membantu menanggulangi dampak hama Wereng, semoga cukup sampai disini saja, supaya kami bisa menikmati hasil panen padi,” imbuh Misyanto. (her/ed2)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas