Pemerintahan

Pandemi Covid-19 Pasar Hewan Besuki Kembali Dibuka Setelah 3 Bulan Ditutup

Diterbitkan

-

Pandemi Covid-19 Pasar Hewan Besuki Kembali Dibuka Setelah 3 Bulan Ditutup

Memontum Situbondo – Pasar hewan Besuki atau yang dikenal dengan sebutan pasar Seninan kembali dibuka setelah 3 bulan sempat ditutup akibat pandemi virus Corona atau Covid-19, sehingga terjadi kevakuman transaksi jual beli hewan di pasar hewan tersebut, Senin (22/6/2020).

Dengan dibukanya kembali pasar hewan Besuki mendapat sambutan baik dan apresiasi dari warga sekitar dan para pelaku ekonomi pedagang hewan di pasar Senin ini.

Pandemi Covid-19 Pasar Hewan Besuki Kembali Dibuka Setelah 3 Bulan Ditutup

Pasar hewan Besuki dibawah naungan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Situbondo, tentunya menjadi harapan bagi para pelaku ekonomi pasar hewan dengan kerinduannya bertransaksi jual beli hewan dan pedagang setempat yang ada di Desa Kalimas, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo.

Pasar Hewan tersebut yang lebih dikenal dengan sebutan pasar seninan sempat ditutup oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Peternakan setempat yang sangat peduli terhadap masyarakat supaya tidak terjadi penyebaran dan merebaknya virus Corona atau Covid-19.

Advertisement

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Situbondo, Drh Mohammad Hasanudin Riwansyah yang dikenal dengan panggilan akrabnya Pak Udin ini menyampaikan, pihaknya tidak ingin adanya kluster baru penyebaran virus Covid-19 di pasar hewan Besuki.

Sambung dia, hal ini yang menjadi dasar atas penutupan pasar hewan semata – mata hanya ingin menyelamatkan jiwa dan kesehatan masyarakat Besuki khususnya dan masyarakat Kabupaten Situbondo pada umumnya.

” Hal ini tentunya sudah dalam bentuk koordinasi bersama dari Pemerintah Desa Kalimas dengan Forkopimka Kecamatan Besuki maupun dengan Pemerintah Kabupaten Situbondo, ” jelasnya.

Dalam pembukaan pasar hewan kembali ini di hadiri oleh oleh forkopimka Besuki ( Camat, Kapolsek, Danramil Besuki serta Kepala Desa Kalimas Samuri ) bersama Satpol PP dan seluruh jajaran Dinas Peternakan yang ada di Pasar Hewan Senin.

Advertisement

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Situbondo di ruang kerjanya juga mengatakan, bahwa pembukaan kembali pasar hewan besuki sudah sesuai dengan prosedur dan ada perintah dari Bupati Situbondo, harapannya semoga dari sejak pembukaan hari ini dan seterusnya tidak terjadi penularan virus Corona atau Covid-19. Baik, di pasar hewan Besuki ini maupun di Kabupaten Situbondo.

” Kami mengingatkan kepada seluruh pedagang hewan untuk mematuhi anjuran pemerintah sesuai dengan Protokol kesehatan, tetap menjaga kesehatan dan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun serta jaga jarak, ”

Lebih lanjut, Pak Udin mengatakan, dengan di bukanya pasar hewan ini semoga pasar ini terus dalam kondisi aman, tertib, rapi dan bersih serta banyak membawa manfaat bagi pelaku ekonomi pasar hewan serta para pedagang kaki lima yang menjadi harapan pasar ini ke depan semakin lebih baik, harapnya.

Sementara fasilitas yang dipersiapkan oleh Dinas Peternakan setempat yaitu alat semprot disinfektan otomatis di pintu masuk keluarnya mobil pengangkut hewan serta menyediakan tempat cuci tangan di 15 titik tetutama di warung-warung bahkan menyediakan tempat cuci tangan sendiri secara mandiri. (her/yan)

Advertisement

 

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas