Pemerintahan

Babinsa Tenggir Koramil 02/Panji Berikan Pemahaman Tentang Rapid Tes

Diterbitkan

-

Babinsa Tenggir Koramil 02/Panji Berikan Pemahaman Tentang Rapid Tes

Memontum Situbondo – Babinsa Tenggir bersama bidan desa memberikan pemahaman warga saat hasil rapid test dilakukan, Babinsa meminta untuk tidak panik, status reaktif dinilai belum tentu positif, hal itu dijelaskan Serda Bambang Feriyanto saat bertemu warga di Desa Tenggir, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Minggu (7/6/2020).

Serda Bambang Feriyanto menjelaskan, “ Alangkah baiknya menunggu terlebih dahulu hasil swab nanti, jangan terlalu khawatir sehingga berefek pada kepanikan. Hasil rapid test dengan status reaktif belum tentu dipicu karena virus Corona, ” Terang Serda Bambang.

Bersama bidan desa memberikan pemahaman warga saat hasil Rapid Test dilakukan. (im)

Bersama bidan desa memberikan pemahaman warga saat hasil Rapid Test dilakukan. (im)

” Sesuai protokol kesehatan Covid-19, mereka yang reaktif akan melakukan swab test (uji swab) dan langsung melaksanakan isolasi mandiri, “ujarnya.

Serda Bambang Feriyanto juga menyampaikan kepada masyarakat tidak perlu takut dengan kegiatan rapid test ini, karena kegiatan ini untuk mengetahui apakah kita terbebas dari Covid-19 atau tidak.

Kata dia, jika perlu nanti ada yang positif jangan repot atau berkecil hati, akan tetapi menjadi evaluasi kita untuk melakukan perawatan selanjutnya, sehingga tidak menjadi parah atau menular ke warga yang lain, ungkap Serda Bambang.

Advertisement

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Ibu Riris menghimbau semua orang agar selalu disiplin kebersihan, jaga jarak dalam beraktifitas, jaga stamina dan kesehatan. Patuhi himbauan pemerintah dan mengikuti petunjuk protokoler kesehatan.

” Dari hasil rapid test di dusun Tenggir Barat yang melakukan rapid test terhadap 12 orang (4 orang reaktif dan 8 orang non reaktif), “tegasnya.

Adapun nama reaktif diantaranya :

a). Ibu Lina Kurnia 25 th, Bidan Desa Klampokan, Alamat Dusun Tenggir Barat Rt 02 Rw 07 (Reaktif ).

Advertisement

– Merupakan anaknya dari Ibu Dwi Murwiyati 59 th, Perempuan, Alamat Desa Tenggir Barat Rt 02 Rw 07 (Kontak dg Bpk. Amal / Tukang cuci)

b). Andi Iswanto 34 th, Alamat Desa Tenggir Barat Rt 02 Rw 07 (Reaktif).

– Merupakan anaknya dari Ibu Dwi Murwiyati 59 th, Perempuan, Alamat Desa Tenggir Barat Rt 02 Rw 07 (Kontak dg Bpk. Amal / Tukang cuci)

c). Bpk. Yakyan 90 th, Alamat Desa Tenggir Barat Rt 03 Rw 07 (Reaktif).

Advertisement

– Merupakan suami dari Ibu Namya (67 th, Penjual lontong bumbu di Pasar Olean, Alamat Dusun Tenggir Barat Rt 03 Rw 07 Desa Tenggir Kec. Panji)

d). Sdr. Rasyid 23 th, Alamat Desa Tenggir Barat Rt 03 Rw 07 (Reaktif).

– Merupakan saudara dari pasien covid 19 dari Bpk. Samsul, 57 th, Laki, Alamat Desa Tenggir Barat Rt 03 Rw 07 (Jamaah Jamaah Mesjid Jami’ Baiturahman Desa Olean) warga pendatang dari Madura yang tinggal dirumah Bapak Samsul.

Menurutnya, dengan melakukan rapid test cepat menindak lanjuti dari beberapa kasus Virus Corona di berbagai wilayah Panji khususnya di Desa Tenggir, petugas kesehatan bersama Tim Gugus Tugas di lapangan melakukan pemeriksaan masyarakat dengan rapid test cepat, untuk memastikan positif Covid atau Tidak.

Advertisement

” Untuk mengurangi dan memutus mata rantai penyebaran Virus Corona di wilayah Panji, “pungkasnya.

Serda Bambang Feriyanto yang ikut membantu kelancaran kegiatan rapid test cepat ini membantu tugas pemerintah daerah, karena saat ini sedang ada kegiatan Uji Cepat maka anggota Koramil Panji berkewajiban ikut serta terlibat aktif terlibat.

” Dengan harapan bisa memutus mata rantai distribusi Covid-19 khusus di Desa Tenggir dan wilayah Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, “tukasnya.

Serda Bambang menambahkan, Tidak lupa kami titip pesan dan menghimbau pada warga untuk tetap di rumah masing-masing, membersihkan kebersihan dan selalu mencuci tangan agar aman dan wajib memakai masker jika harus keluar rumah, jelasnya.

Advertisement

Sementara Tim Relawan Desa langsung melaksanakan penyemprotan Desinfektan dan melaksanakan pemantuan di posko. (im/yan)

 

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas