Connect with us

Pemerintahan

BPBD Situbondo Tak Henti Optimalkan Pendistribusian Air Bersih

Diterbitkan

||

Plt Kalaksa BPBD Kabupaten Situbondo, Drs Budi Narwanto M Si
Plt Kalaksa BPBD Kabupaten Situbondo, Drs Budi Narwanto M Si

Memontum Situbondo – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur, terus mengoptimalkan pendistribusian air bersih sehubungan kekeringan akibat kemarau panjang yang terjadi di sebelas titik pada enam Kecamatan di Kabupaten Situbondo.

” Kami mengerahkan satu kendaraan tangki untuk memasok bantuan air bersih PDAM pada masyarakat yang dilanda krisis air bersih itu, akibat kemarau panjang, ” kata Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Situbondo, Drs Budi Narwanto M Si saat ditemui Wartawan Memontum.com dikantornya, Selasa (8/10/2019) pagi.

BANTU WARGA: Petugas BPBD Kabupaten Situbondo distribusikan air bersih kepada masyarakat yang dilanda kekeringan akibat kemarau panjang. (imam)

Sambung dia, masyarakat yang dilanda kekeringan terjadi di 6 (enam) Kecamatan akibat dari kemarau panjang yang menyebabkan air bawah tanah mengering. Masyarakat terkadang untuk keperluan mandi, cuci dan kakus (MCK) terpaksa mencari air ke saluran sungai, menggali lubang di sekitar aliran sungai, kolam serta sumber mata air yang ada.

” Meski demikian, kata dia, kondisi air tersebut tidak laik untuk digunakan MCK, “katanya.

Lebih lanjut Budi Narwanto menjelaskan, Karena itu, BPBD Situbondo mengoptimalkan pendistribusian air bersih bagi warga yang dilanda kekeringan akibat kemarau panjang.

” Kami hari ini sudah menyalurkan air bersih di dusun Bandusa, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa menggunakan truk tangki dengan kapasitas 5000 liter, ” katanya menjelaskan.

BANTU WARGA: Petugas BPBD Kabupaten Situbondo distribusikan air bersih kepada masyarakat yang dilanda kekeringan akibat kemarau panjang. (imam)

BANTU WARGA: Petugas BPBD Kabupaten Situbondo distribusikan air bersih kepada masyarakat yang dilanda kekeringan akibat kemarau panjang. (imam)

Menurutnya, masyarakat yang mendapatkan pasokan air bersih karena sebelumnya mengajukan permohonan dari masing-masing Kecamatan, yang dikirim dan ditujukan kepada Bupati Situbondo melalui BPBD Kabupaten Situbondo.

” Tim Pusdalops BPBD Situbondo sebelumnya sudah mengirimkan surat melalui Kecamatan masing-masing, untuk mendata pada titik desa yang mengalami krisis air bersih akibat kemarau panjang, “ujarnya.

Dikatakan Budi Narwanto, bahwa BPBD mendistribusikan air bersih itu setelah ada koordinasi dan atas dasar perintah bupati karena menggunakan dana pemerintah daerah.

” Kami minta masyarakat mengajukan air bersih harus prosedur dan diajukan kepada bupati melalui petugas di Kecamatan masing-masing, karena menggunakan dana rakyat (APBD) yang harus dipertanggungjawabkan, ” katanya menjelaskan.

Budi Narwanto menambahkan, masyarakat yang mengalami kekeringan di 6 (enam) Kecamatan tersebut antara lain, Kecamatan Banyuglugur, Sumbermalang, Mlandingan, Suboh, Banyuputih dan Kecamatan Arjasa.

Kekeringan ini, menurut dia, masyarakat setempat ada yang kesulitan untuk mendapatkan pasokan air bersih untuk tanaman padi. Maka akan mengakibatkan terancam gagal panen. Jadi, kata Budi, untuk pengairan sawah pertanian itu bukan ranah kami (BPBD), akan tetapi ranahnya dinas terkait.

” Kami siap menyalurkan pasokan air bersih PDAM. Namun hanya untuk air minum bagi masyarakat setelah adanya pengajuan dari Kecamatan, ” pungkasnya. (im/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pemerintahan

Tak Kenal Hari Libur, Satgas TMMD Situbondo Genjot Selesaikan Sasaran

Diterbitkan

||

Tak Kenal Hari Libur, Satgas TMMD Situbondo Genjot Selesaikan Sasaran

Memontum Situbondo – Tak mengenal hari libur Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 107 tahun 2020 Kodim 0823 / Situbondo genjot selesaikan sasaran.

Meskipun saat ini libur dalam rangka Hari Raya Nyepi akan tetapi Anggota Satgas TMMD bersama warga masyarakat Desa Tlogosari tetap melanjutkan pemasangan bronjong, pembuatan siring kiri dan kanan sasaran Jalan. Rabu (25/3/2020).

Danramil 0823 / 16 Sumbermalang Kapten Inf M Rohman saat ditemui wartawan Memontum.com /Memo X mengatakan, memang hari ini libur Hari Raya Nyepi, akan tetapi demi Pengabdian untuk Negeri Satgas TMMD ke- 107 tahun 2020 Kodim 0823 / Situbondo melaksanakan kegiatan di sasaran masing – masing, katanya.

Sambung Kapten Inf M Rohman, teriknya matahari pun tidak menyurutkan kami Anggota Satgas TMMD bersama warga untuk bekerja, sesekali canda tawa tampak disela – sela kegiatan pemasangan bronjong dan pembuatan pondasi siring Jalan.

Lebih lanjut ditegaskan Kapten Inf M Rohman, warga sangat antusias melaksanakan pekerjaan siring Jalan, mereka dengan sadar dan sukarela membantu pemasangan bronjong bersama TNI.

” Ini menunjukkan bahwa TMMD sangat diharapkan oleh warga masyarakat Desa Tlogosari, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, “pungkasnya. (im/yan)

 

Lanjutkan Membaca

Pemerintahan

Situbondo Covid-19: Kapolres Patroli Keliling, Minta Warga yang Berkumpul Pulang ke Rumah Masing-masing

Diterbitkan

||

Situbondo Covid-19 Kapolres Patroli Keliling, Minta Warga yang Berkumpul Pulang ke Rumah Masing-masing

Memontum Situbondo – Personil gabungan yang terdiri dari Polres Situbondo, Kodim 0823 / Situbondo, Polisi Militer dan Pemda kembali melaksanakan patrol keliling untuk mengimbau masyarakat untuk tidak beraktifitas diluar rumah, Selasa (24/3/2020) malam.

Kegiatan patroli tersebut dipimpin langsung Kapolres Situbondo AKBP Sugandi SIK M Hum melakukan patrol – patrol keliling memantau situasi dan kondisi kamtibmas dalam Kota Situbondo sekaligus memberikan arahan kepada masyarakat yang masih beraktifitas berkumpul-kumpul untuk segera kembali kerumah masing-masing.

BERIKAN HIMBAUAN: Kapolres Situbondo Ajun Komisaris Besar Polisi Sugandi SIK M Hum bersama personil gabungan saat Patroli keliling. (im)

BERIKAN HIMBAUAN: Kapolres Situbondo Ajun Komisaris Besar Polisi Sugandi SIK M Hum bersama personil gabungan saat Patroli keliling. (im)

Kapolres Situbondo Ajun Komisaris Besar Polisi Sugandi SIK M Hum menyampaikan bahwa kegiatan patrol gabungan akan terus dilakukan selama Operasi Aman Nusa II diberlakukan dengan mengedepankan pencegahan, imbauan dan arahan kepada masyarakat dalam rangka melaksanakan maklumat Kapolri.

” Yaitu untuk antisipasi dan penanggulangan penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Situbondo, “ujarnya.

Beberapa imbauan Kapolres kepada masyarakat diantaranya jangan melakukan kegiatan sifatnya berkumpul yang tidak penting, apabila membeli sesuai kebutuhan segera pulang dan jangan keluar rumah apabila tidak ada hal yang mendesak serta mengikuti imbauan Pemerintah terkait menjaga kesehatan dan kebersihan.

“ Karena penyebaran Covid-19 (Corona) sangat cepat, Kami harap warga mengikuti imbauan Pemerintah untuk kebaikan masyarakat sendiri. Sudah banyak informasi yang bisa diperoleh warga terkait pencegahan corona baik di melalui medsos, berita di koran, media online dan televisi, “ terang AKBP Sugandi.

Selain itu, saat disinggung beberapa awak media terkait sanksinya, apabila melanggar Maklumat Kapolri Nomor: Mak/ 2 /III/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19).

” Sesuai instruksi pimpinan Kepolisian dari atas, maka akan diberikan sanksi atau tindakan Kepolisian sesuai undang-undang karena ini untuk kepentingan keselamatan dan memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat, “pungkasnya. (im/yan)

 

Lanjutkan Membaca

Pemerintahan

Kapolres Situbondo Silaturahmi ke Ponpes Walisongo dan Sukorejo, Tokoh Agama Dukung Maklumat Kapolri dan Instruksi Gubernur Jatim

Diterbitkan

||

Forkopimda bersama rombongan Silaturahmi pada KHR Ahmad Azaim Ibrahimy, Pengasuh Ponpes Sukorejo Situbondo. (im)
Forkopimda bersama rombongan Silaturahmi pada KHR Ahmad Azaim Ibrahimy, Pengasuh Ponpes Sukorejo Situbondo. (im)

Memontum SitubondoForkopimda Situbondo melaksanakan silaturahmi ke Pondok Pesantren Walisongo dan Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo dalam rangka koordinasi terkait pencegahan penyebaran virus corona di wilayah Kabupaten Situbondo, Rabu (25/3/2020)

Rombongan Forkopimda yang hadir diantaranya Kapolres Situbondo AKBP Sugandi SIK M Hum, Dandim 0823 / Situbondo Letkol Inf Akhmad Juni Toa SE MI Pol, Kajari Situbondo Nur Slamet SH MH, Wakil Ketua DPRD Situbondo H Abdurahman SH M Hum, Pejabat Utama Polres dan Kapolsek bersama Danramil.

Forkopimda bersama rombongan Silaturahmi pada KHR Moh Kholil As'ad Syamsul Arifin, Pengasuh Ponpes Walisongo Mimbaan Situbondo. (im)

Forkopimda bersama rombongan Silaturahmi pada KHR Moh Kholil As’ad Syamsul Arifin, Pengasuh Ponpes Walisongo Mimbaan Situbondo. (im)

Kapolres Situbondo AKBP Sugandi SIK M Hum dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa silaturahmi ke dua ke Pondok Pesantren terbesar di Situbondo yaitu Pondok Pesantren Walisongo Mimbaan dan Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo dalam rangka silaturahmi dengan para pimpinan dan pengasuh ponpes yaitu KHR Moh Kholil As’ad Syamsul Arifin dan KHR Ach Azzaim Ibrahimy.

Sambung Kapolres Situbondo, Silaturahmi tersebut sekaligus menyampaikan permohonan dukungan dan doa para Tokoh Agama terkait pencegahan wabah virus Corona yang semakin meluas dan menginformasikan tentang maklumat Kapolri dan imbauan Gubernur Jatim, Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya tentang upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Situbondo.

“ Alhamdulillah dari kedua beliau mendukung adanya maklumat dari Kapolri dan Gubernur Jatim untuk dilaksanakan menyikapi kepentingan yang dianggap penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, untuk selanjutnya kegiatan yang melibatkan masyarakat akan ditunda dan dikoordinasikan kembali, “ terang AKBP Sugandi.

Selain itu, Kapolres berharap dengan dukungan doa para Tokoh Agama dapat memperkuat usaha Pemerintah Situbondo, TNI Polri dalam mencegah meluasnya penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, Jawa Timur terutama di Kabupaten Situbondo, ujarnya. (im/yan)

 

Lanjutkan Membaca

Terpopuler