Connect with us

Hukum & Kriminal

Mantan Kades Kalianget jadi Buronan Jaksa Situbondo, Kasus Penyelewengan DD 2018

Diterbitkan

||

Mantan Kades Kalianget jadi Buronan Jaksa Situbondo, Kasus Penyelewengan DD 2018

Memontum Situbondo – Kejaksaan Negeri Situbondo resmi menetapkan mantan Kepala Desa Kalianget, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, H Mulyadi sebagai buronan dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Situbondo, Nur Slamet SH MH melalui Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus) Reza Aditya Wardhana SH MH mengatakan, Kepala Desa Kalianget masuk dalam DPO lantaran tidak pernah memenuhi panggilan penyidik ​​atas dugaan penyelewengan Dana Desa (DD) Tahun 2018 lalu.

“Yang mewakili saat kita panggil sebagai saksi tidak pernah hadir Termasuk setelah ditetapkan tersangka dia tidak memenuhi panggilan kita untuk bertemu. Saat ini dia sudah kita tetapkan sebagai DPO, ” kata Reza kepada wartawan Memontum.com, Selasa (8/10/2019) sore.

TUNJUKKAN BERKAS DPO : Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus) Reza Aditya Wardhana SH MH saat ditemui Wartawan Memontum.com. (im)

TUNJUKKAN BERKAS DPO : Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus) Reza Aditya Wardhana SH MH saat ditemui Wartawan Memontum.com. (im)

Pihaknya menetapkan tersangka sebagai DPO sejak 8 Oktober 2019 kemarin, di mana status penetapan tersangka DPO itu setelah dilakukan semua tahapan penyelidikan. Dalam kasus penyelewengan DD itu, penyidik ​​baru menetapkan satu orang tersangka dari oknum Kades Kalianget H Mulyadi, dimana dalam kasus ini tersangka ini bertanggung jawab penuh atas kegiatan yang dilaksanakan.

” Sementara kita baru menetapkan satu tersangka, untuk tersangka lain masih tidak ada, ” imbuhnya.

Berdasarkan hasil audit ivestigasi Inspektorat Kabupaten Situbondo dan berdasarkan surat perintah penyidikan kepala kejaksaan negeri Situbondo Nomor : PRINT – 02A/M.5.40/fd.1/08/2019 tanggal 02 September 2019 atas nama H.Mulyadi.

Serta surat penetapan Daftar Pencarian Orang (DPO) Nomor 01/M.5.40/fd.1/10/2019 Tanggal 08 Oktober 2019. Tersangka H.Mulyadi melakukan perbuatan tindak pidana korupsi terkait penyalahgunaan penggunaan dana desa (DD) Tahun Anggaran 2018 di desa Kalianget, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, dalam kasus penyelewengan DD kerugian negara yang muncul mencapai ratusan juta rupiah.

Kerugian Negara itu muncul sebagai kegiatan fiktif dari DD, menurut Reza, oknum Kades yang mengelola sendiri DD tersebut, tanpa melibatkan perangkat yang lain, demikian pula laporan pertanggungjawaban (Lpj) DD Tahun 2018 juga dibuat.

” Kegiatan fiktif yang dilakukan meliputi pembangunan fisik, kemudian pajak dari transaksi juga tidak disetor, ” pungkas Reza Aditya Wardhana. (im/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hukum & Kriminal

Kapolres Situbondo Beri Bantuan Beras di Pasar Mimbaan dan Panji

Diterbitkan

||

Memontum Situbondo – Kapolres Situbondo, AKBP Ach Imam Rifai SH SIK M PICT M ISS, di dampingi Ketua Bhayangkari memberikan bantuan sosial (Bansos) berupa beras kepada warga terdampak Covid-19.

Bantuan berupa beras diberikan langsung oleh Kapolres Situbondo kepada warga yang membutuhkan saat memantau pelaksanaan protokol kesehatan di Pasar Mimbaan dan Pasar Panji kabupaten Situbondo, Senin (12/04) tadi.

Baca Juga:

Kapolres Situbondo mengatakan, bantuan beras yang pihaknya berikan tersebut merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat setempat yang tidak mampu dan mungkin masih belum mendapat bantuan apapun dari Pemerintah selama adanya pandemi Covid-19.

“Semoga bantuan beras tersebut dapat meringankan beban kebutuhan ekonomi warga yang terdampak pandemi Covid-19 ini,“ jelasnya.

Bantuan beras 20 paket masing-masing 5 kg diberikan kepada buruh angkut, juru parkir, pedagang kecil dan tukang parkir yang berada di area pasar. (mam/ed2)

Lanjutkan Membaca

Hukum & Kriminal

Polres Situbondo Gelar Operasi Keselamatan Semeru 2021

Diterbitkan

||

Polres Situbondo Gelar Operasi Keselamatan Semeru 2021

Memontum Situbondo – Dalam rangka cipta kondisi keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) menjelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idhul Fitri, Polres Situbondo menggelar apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2021, Senin (12/04) tadi. Kegiatan sendiri, digelar di halaman apel Mapolres Situbondo.

Apel gelar operasi sendiri, dipimpin oleh Waka Polres Situbondo, Kompol Pujiarto, SH yang dihadiri perwakilan instansi terkait dari Kodim 0823, Subdenpom V, Pemda, Dishub dan Satpol PP Pemkab Situbondo.

Baca juga:

Waka Polres Situbondo, Kompol Pujiarto, dalam kesempatan tersebut menyampaikan amanat dan arahan, bahwa Operasi Keselamatan Semeru 2021 dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 12 April sampai 25 April 2021. Tujuannya pelaksanaan, untuk mewujudkan Kamseltibcarlantas dan pencegahan penyebaran Covid–19, dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan (Prokes) serta tidak melaksanakan mudik lebaran tahun 2021.

“Dikedepankan fungsi Lalu Lintas dengan menitik beratkan kegiatan preemtif dan preventif. Sasaranya, yaitu seluruh masyarakat yang tidak patuh protokol kesehatan dan kebijakan Pemerintah terkait larangan mudik. Polri juga akan masif menyebarkan pamflet, bagi-bagi masker. Intinya adalah upaya memberikan pemahaman,“ jelas Waka Polres.

Waka Polres juga berpesan, kepada seluruh anggota agar melaksanakan Operasi sesuai SOP dan tidak ada pelanggaran serta memberikan contoh kepada masyarakat terkait tertib berlalu lintas dan disiplin protokol kesehatan 5M.

Usai apel, Waka Polres bersama jajaran perwakilan Forkopimda mengecek kesiapan pasukan apel yang terdiri dari gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub serta kesiapan kendaraan dinas patroli. (mam/ed2)

Lanjutkan Membaca

Hukum & Kriminal

Razia Balap Liar Jalur Pantura Situbondo, Puluhan Pemuda Kabur Tinggalkan Kendaraan

Diterbitkan

||

Memontum Situbondo – Polsek Banyuputih gelar razia balap liar di Jalur Pantura Situbondo. Dalam kesempatan tersebut petugas berhasil mengamankan 2 sepeda motor yang ditinggal kabur pemiliknya, Kamis (08/04) dini hari.

Baca Juga:

Saat itu puluhan remaja pengendara motor tengah berkumpul di jalan raya. Ketika petugas razia datang mereka lari kocar kacir sampai ada yang meninggalkan kendaraannya.

Kapolsek Banyuputih, AKP Heru Purwanto mengatakan, Dua sepeda motor yang ditinggal pemiliknya sudah kami amankan di Mapolsek. Pihaknya  mempersilahkan pemiliknya untuk mengambil dengan menunjukkan identitas dan bukti surat kendaraannya.

Selain itu, AKP Heru Purwanto mengungkapkan, menjelang Ramadan ini pihaknya menggiatkan patroli dan razia balap liar yang kerap digelar di jalur Pantura Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo.

“Saya mengimbau kepada para remaja agar tidak melakukan balapan liar. Karena bisa membahayakadiri sendiri juga orang lain,” tambah AKP Heru Purwanto. (her/ed2)

Lanjutkan Membaca

Terpopuler