Connect with us

Kabar Desa

Deklarasi Kampanye Damai Pilkades Serentak, Lima Calon Paparkan Visi Misi

Diterbitkan

||

Deklarasi Kampanye Damai Pilkades Serentak, Lima Calon Paparkan Visi Misi

Memontum Situbondo – Deklarasi Kampanye Damai Pilkades Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo yang berlangsung di barat kantor Balai Desa Sumberkolak terlaksana dengan tertib dan aman, Selasa (8/10/2019) sore.

Deklarasi Kampanye Damai Pilkades Sumberkolak tersebut dihadiri oleh Muspika Kecamatan Panarukan, diantaranya Camat, Kapolsek, Danramil Panarukan, BPD Desa Sumberkolak dan tamu undangan lainnya serta Panitia Pilkades Desa Sumberkolak.

 Lima Kades Saat paparkan visi misi. (imam)

Lima Kades Saat paparkan visi misi. (imam)

Dalam kampanye damai itu, lima calon kepala desa Sumberkolak tersebut memaparkan visi dan misinya untuk mensejahterakan masyarakat Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan.

Keterangan yang disampaikan oleh Camat Panarukan Marjulis dalam arahannya menghimbau, kepada seluruh calon Kades Sumberkolak agar mengedepankan kondisi yang kondusif, aman, lancar dan tertib. “Saya juga menghimbau kepada panitia pilkades agar bertindak jujur, adil dan bijaksana dalam menjalankan tugas sebagai panitia pilkades Sumberkolak, ” ujar Marjulis Camat Panarukan.

Lebih lanjut, Marjulis mengatakan, pilkades yang berlangsung di Desa Sumberkolak ini, agar berlangsung secara demokrasi, jujur dan adil.

“Saya menghimbau kepada para pendukung calon kades tidak terpancing dengan isu-isu adu domba yang dapat memecahbelahkan hubungan persaudaraan. Untuk itu, mari kita bersama sama ciptakan suasana pilkades yang kondusif, ” ajak Camat Panarukan.

Dalam visi dan misinya Cakades N0. 1 H. Sukarto menjelaskan, tentang keberhasilannya selama memimpin Desa Sumberkolak 2 periode.

“Jika nanti saya terpilih kembali, maka InsyaAllah semua pelayanan di Desa Sumberkolak akan lebih maju lagi. Dan saya juga akan mengentaskan kemiskinan agar masyarakat lebih sejahtera, ” jelas H. Sukarto Calon Kades Incumbent Desa Sumberkolak.

Selanjutnya, Cakades Nomor urut 2 Armito, dalam visi dan misi-nya menerangkan jika, dirinya terpilih nanti akan mengabdi dan berjuang untuk rakyat.

“Visi dan misi saya merupakan hasil dari usulan masyarakat. Apabila saya terpilih jadi Kades Sumberkolak, maka 6 tahun ke depan InsyaAllah Desa Sumberkolak akan tuntas dari berbagai kemiskinan,” kata Armito, calon kades Nomor Urut 2.

Dilain pihak, Cakades Nomor urut 3 Yessy Yuli Agustin dalam menyampaikan visi dan misinya menerangkan, sebagai calon kades perempuan maka dirinya akan memberdayakan kaum perempuan dan memberikan makan kepada warga jompo, dan membantu siswa miskin serta meningkatkan kesehatan masyarakat serta mewujudkan masyarakat desa yang bermartabat.

“Jika saya terpilih menjadi kepala desa Sumberkolak, maka saya akan memberdayakan atau melibatkan seluruh masyarakat dalam pembangunan desa. Untuk itu, baik kaum perempuan maupun laki-laki pilih saya. Untuk, seluruh masyarakat jangan mau dikasih uang oleh salah satu kandidat, ” pungkas Yessy.

Sementara itu, Cakades Nomor Urut 4 Samsul Arifin dalam menyampaikan visi misinya mengajak seluruh masyarakat Desa Sumberkolak lebih cerdas dalam memilih calon kades. Jangan sampai masyarakat tertipu dengan casing cakades yang kelihatan baik, tapi hatinya jelek.

“Saya berjanji, jika saya terpilih menjadi Kades Sumberkolak maka saya akan mengabdi sepenuh hati untuk kepentingan masyarakat, bukan untuk kepentingan golongan maupun pribadi. Untuk itu, pilih saya nomor urut 4, niscaya saya tidak ingkar janji kepada masyarakat, ” kata Samsul.

Sementara, Tukiman Cakades Sumberkolak Nomor urut 5 dalam menyampaikan visi misinya mengatakan, permasalahan di Desa Sumberkolak belum semuanya tuntas. Untuk itu, jika dirinya terpilih menjadi kades Sumberkolak, maka pihaknya akan berjuang keras untuk kesejahteraan Masyarakat Sumberkolak.

“Jika saya terpilih menjadi Kades Sumberkolak, maka saya akan meningkatkan berbagai layanan masyarakat dan akan memberdayakan karang taruna Desa Sumberkolak serta meningkatkan pemberdayaan peternakan dan pertanian, ” kata Tukiman. (im/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Desa

Puluhan Emak-emak Kader PKK Desa Curah Jeru Situbondo Ikuti Pelatihan Budidaya Jamur Tiram

Diterbitkan

||

Memontum Situbondo – Permintaan pasar akan jamur tiram yang masih menjanjikan, menarik minat masyarakat di berbagai daerah. Bahkan, tidak hanya para petani di daerah dataran tinggi saja yang tertarik, namun masyarakat perkotaan yang berasal dari berbagai macam pekerjaan, pun mulai melirik bisnis jamur itu.

Seperti di Rumah Denta, yang bersama TP PKK Desa Curahjeru, mengadakan pelatihan budidaya jamur tiram beserta olahannya, kepada emak-emak Kader PKK Desa Curahjeru. Acara yang diikuti oleh puluhan peserta itu, saat disambut antusias peserta, Sabtu (10/04) tadi.

Ketua Rumah Jamur Denta, drg. Verawati, mengatakan penjualan budidaya jamur tiram segar berjalan selama tiga tahun. Tetapi pengolahan jamur tiram menjadi produk olahan makanan baru, berjalan sejak ada pandemi Covid-19, dengan mengandeng anak-anak yang terdampak guna memberdayakan masyarakat sekitar.

Produk olahan jamur rumah denta, tambahnya, sangat banyak. Namun, ada dua produk yang menjadi unggulan, yaitu kaldu jamur dan kecap jamur.

Baca Juga:

Olahan produk kecap bahan baku jamur, tambahnya, hanya satu-satunya di Indonesia. Sehingga, bisa mengangkat nama Kabupaten Situbondo. Bahkan, kota tetangga melakukan study banding di rumah denta. Alasan membuat olahan produk dari bahan baku jamur tiram berawal dari hobi dan tidak terlalu sulit membudidayakannya

“Kami berharap adanya rumah denta budidaya dan pengolahan produk jamur tiram bisa membantu memberdayakan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 untuk menambah penghasilan ekonomi. Terkait pemasaran hasil pengolahan produk jamur tiram akan kita bantu. Adapun jenis olahan produk bahan jamur tiram yaitu menjadi keripik, abon, kecap, tepung, kaldu, bakso, kue dan sebagainya. Kelebihan budidaya jamur tiram tidak membutuhkan banyak lahan,” bebernya.

Kades Curah Jeru, Sandi, S.Pd, sangat mengapresiasi adanya penyuluhan dan pelatihan budidaya jamur tiram segar serta pengolahan produk bahan baku jamur oleh rumah denta. Diharapkan hasil penjualannya mampu meningkatkan perekonomian warga Desa Curah Jeru khususnya. Alasan memilih penyuluhan dan pelatihan budidaya serta pengolahan produk jamur tiram, karena menginginkan ada ikon di Desa Curah Jeru.

Apalagi,.yang usaha adalah warga sendiri maka Pemdes Curah Jeru harus mendukung. “Pihak BPOM akan menyurvei langsung ke rumah denta, jika sudah berhasil tentunya bisa melakukan pemasaran lebih luas lagi seperti ke swalayan Indomaret, toko-toko besar dan sebagainya. Para peserta pelatihan dari ibu-ibu TP PKK, semua ibu RT dan perangkat desa,” jelasnya.

Pelatihan ini menghadirkan para praktisi bisnis jamur yang membantu para peserta untuk mengenal seluk beluk bisnis jamur tiram dari mulai pembibitan, proses budidaya, hingga panen dan diolah menjadi produk makanan serba jamur, pelatihan yang diikuti oleh puluhan emak-emak ini sudah menerapkan prokes sesuai anjuran Pemerintah.

Diawal penyuluhan atau pelatihan, peserta mendapatkan materi pengantar untuk mengetahui lebih jauh tentang potensi bisnis jamur tiram. Setelah dua jam mendapatkan teori yang disampaikan trainer atau nara sumber Achmad Nuris dan Drg Verawati Ketua Rumah Jamur ‘Denta’ yang beralamatkan di RT 02/RW 01 Gang Bakrie Sale desa Curah jeru Kecamatan Panji.

Peserta diajak untuk berkunjung langsung ke Kumbung rumah jamur tiram Denta. Di sana, peserta tidak hanya melakukan kunjungan untuk melihat proses penataan rak pada kumbung jamur, namun mereka juga diberikan kesempatan untuk praktek melakukan perawatan budidaya jamur, metik jamur yang siap panen, dan yang terakhir praktek membuat aneka macam produk olahan jamur. Sebut saja seperti cara membuat keripik jamur, kaldu jamur, dan kecap jamur tiram yang merupakan produk unggulan Rumah Jamur tiram.

Setelah belajar strategi pemasaran dan manajemen bisnis jamur, para peserta mengunjungi Anekamesin.com untuk mengetahui mesin apa saja yang dibutuhkan untuk mengoptimasi bisnis budidaya jamur tiram beserta olahannya.

Sebelum akhirnya, peserta mendapatkan tantangan untuk mengikuti praktek pembuatan bibit jamur dan media tanam jamur (baglog jamur tiram). (her/sit)

Lanjutkan Membaca

Kabar Desa

Jumat Berkah, Kades Mangaran bersama Kader Desa Bagikan Nasi Kotak

Diterbitkan

||

Jumat Berkah, Kades Mangaran bersama Kader Desa Bagikan Nasi Kotak

Memontum Situbondo – Sebagai wujud kepedulian sosial di tengah pandemi Covid-19, Kades Mangaran, Inar, beserta perangkat dan kader desa bagikan nasi kotak kepada warganya, Jumat (09/04).

Kades Mangaran, Inar panggilan akrabnya, mengatakan kegiatan sosial bagi-bagi nasi kotak merupakan program diluar kedinasan, hanya sebagai rasa simpati untuk menanamkan jiwa saling tolong-menolong.

Baca juga:

Sasaran penerimanya adalah warga yang kurang mampu dan lanjut usia serta para janda. Terkait Pelaksanaan nya rutin dilakukan ke pedusunan pada hari Jumat, total ada enam dusun di Desa Mangaran.

“Hari ini dusun ke enam yaitu Dusun Mangaran Selatan, ada dua ratus kotak nasi yang dibagikan dari para dermawan Desa Mangaran, kami juga menghimbau kepada para donatur jika ada rezeki lebih bisa bergabung dengan kita untuk bisa saling membantu dan memberikan manfaat kepada masyarakat yang perekonomiannya di bawah rata-rata,” jelasnya. (her/ed2)

Lanjutkan Membaca

Kabar Desa

Jelang Ramadhan, Kades Suriwan Situbondo Beri Arahan Ketua RT, RW dan Warga Tentang Covid-19

Diterbitkan

||

Jelang Ramadhan, Kades Suriwan Situbondo Beri Arahan Ketua RT, RW dan Warga Tentang Covid-19

Memontum Situbondo – Kepala Desa (Kades) Kotakan bersama Muspika Situbondo Kota, adakan sosialisasi himbauan kepada Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) serta puluhan warganya di lingkungan Dusun Kotakan Cangkreng, Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo Kota, Kabupaten Situbondo terkait upaya pencegahan penyebaran Corona virus Disease atau Covid-I9 di wilayah setempat, Jumat (02/04).

Acara sosialisasi himbauan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Kotakan bersama perangkatnya, Babhinkamtibmas, Babinsa Kotakan dari Koramil Kota 0823/01, Kasi Trantibum dari Kecamatan Situbondo Kota dan puluhan masyarakat se-Dusun Kotakan Cangkreng serta dihadiri Linmas Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo Kota.

Kepala Desa Kotakan, Suriwan pada kesempatan tersebut mengatakan, bahwa acara sosialisasi himbauan kepada Kepala Dusun dan Ketua Rt/Rw serta warganya untuk bersama-sama mencegah penularan Corona virus Disease atau Covid-19 yang saat ini masih terjadi.

“Saat ini desa-desa khususnya di Kecamatan Situbondo Kota sudah membuat posko penanggulangan pencegahan Corona virus Disease atau Covid-19 dan kami meneruskan himbauan dan instruksi dari Bupati Situbondo melalui Ibu Camat untuk melakukan pengecekan hingga ke warga sampai di tingkat Rt,” kata Suriwan saat memberi arahan pada acara sosialisasi himbauan pada warganya bertempat di Musholla di lingkungan Dusun Kotakan Cangkreng, Desa Kotakan, Jumat (02/04) sore.

Menurutnya, unsur Pemerintah Desa bersama Muspika Situbondo Kota akan terus melakukan peninjauan langsung ke masyarakat untuk melihat kesiapan warga di tingkat Rt/Rw secara door to door atau dari rumah ke rumah warganya dalam pencegahan Corona virus Disease atau Covid-19.

“Sayangi diri kita sendiri dan keluarga kita masing-masing agar terhindar atau terinfeksi dari Corona virus Disease atau Covid-19 hingga wabah ini mereda,” ujarnya.

Suriwan berharap warga yang baru datang dari daerah lain terutama yang kategori zona merah virus Covid-19 agar melaporkan diri kepada aparat desa melalui Ketua Rt/Rw setempat. Sehingga pihak desa bisa melakukan pendataan dan melaporkan riwayat perjalanan yang bersangkutan.

“Tim di desa yang terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan petugas kesehatan bisa memenuhi setiap warga yang baru datang dari luar daerah,” imbuh Suriwan.

Dia juga mengingatkan agar masyarakat di lingkungan Rt/Rw Se-Dusun Kotakan Cangkreng supaya tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan biasakan mencuci tangan sesering mungkin sehabis beraktifitas.

“Kami menghimbau juga untuk menghubungi staf desa atau aparat desa Kotakan melalui Ketua Rt setempat, jika merasa ada gejala-gejala yang mirip dengan gejala Corona virus Disease atau Covid-19,” himbaunya.

Sementara menurut Kasi Trantibum dari Kecamatan Situbondo Kota Lukman Habsyi menjelaskan, kedatangan kami sesuai dengan arahan Bupati Situbondo tentang himbauan pencegahan Corona virus Disease atau Covid-19.

Kami bersama-sama dengan Kades, lanjut Lukman, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Kotakan dan dibantu dari perwakilan Satpol-PP Pemkab Situbondo dan Linmas Desa Kotakan melaksanakan sosialisasi himbauan ini door to door atau dari rumah ke rumah.

“Sasaran kami adalah warga masyarakat pengurus Rt/Rw, pertokoan, minimarket, warung makan serta tempat hiburan yang berada di wilayah Kecamatan Situbondo Kota ini,” katanya.

Kami sebagai tim Satgas Covid-19 Kecamatan Situbondo Kota, masih kata Lukman, sesuai dengan isi himbauan Bupati Situbondo mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu berperan aktif dalam pencegahan penyebaran Corona virus Disease atau Covid-19 ini dengan mengurangi kegiatan atau aktifitas yang tidak penting di luar rumah.

“Kecuali ada keperluan yang mendesak, hindari tempat-tempat keramaian. Untuk pencegahan dan meminimalisir penularan Corona virus Disease atau Covid-19,” tegas Lukman Habsyi. (mam/ed2)

Lanjutkan Membaca

Terpopuler