Connect with us

Kabar Desa

Deklarasi Kampanye Damai Pilkades Serentak, Lima Calon Paparkan Visi Misi

Diterbitkan

||

Deklarasi Kampanye Damai Pilkades Serentak, Lima Calon Paparkan Visi Misi

Memontum Situbondo – Deklarasi Kampanye Damai Pilkades Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo yang berlangsung di barat kantor Balai Desa Sumberkolak terlaksana dengan tertib dan aman, Selasa (8/10/2019) sore.

Deklarasi Kampanye Damai Pilkades Sumberkolak tersebut dihadiri oleh Muspika Kecamatan Panarukan, diantaranya Camat, Kapolsek, Danramil Panarukan, BPD Desa Sumberkolak dan tamu undangan lainnya serta Panitia Pilkades Desa Sumberkolak.

 Lima Kades Saat paparkan visi misi. (imam)

Lima Kades Saat paparkan visi misi. (imam)

Dalam kampanye damai itu, lima calon kepala desa Sumberkolak tersebut memaparkan visi dan misinya untuk mensejahterakan masyarakat Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan.

Keterangan yang disampaikan oleh Camat Panarukan Marjulis dalam arahannya menghimbau, kepada seluruh calon Kades Sumberkolak agar mengedepankan kondisi yang kondusif, aman, lancar dan tertib. “Saya juga menghimbau kepada panitia pilkades agar bertindak jujur, adil dan bijaksana dalam menjalankan tugas sebagai panitia pilkades Sumberkolak, ” ujar Marjulis Camat Panarukan.

Lebih lanjut, Marjulis mengatakan, pilkades yang berlangsung di Desa Sumberkolak ini, agar berlangsung secara demokrasi, jujur dan adil.

“Saya menghimbau kepada para pendukung calon kades tidak terpancing dengan isu-isu adu domba yang dapat memecahbelahkan hubungan persaudaraan. Untuk itu, mari kita bersama sama ciptakan suasana pilkades yang kondusif, ” ajak Camat Panarukan.

Dalam visi dan misinya Cakades N0. 1 H. Sukarto menjelaskan, tentang keberhasilannya selama memimpin Desa Sumberkolak 2 periode.

“Jika nanti saya terpilih kembali, maka InsyaAllah semua pelayanan di Desa Sumberkolak akan lebih maju lagi. Dan saya juga akan mengentaskan kemiskinan agar masyarakat lebih sejahtera, ” jelas H. Sukarto Calon Kades Incumbent Desa Sumberkolak.

Selanjutnya, Cakades Nomor urut 2 Armito, dalam visi dan misi-nya menerangkan jika, dirinya terpilih nanti akan mengabdi dan berjuang untuk rakyat.

“Visi dan misi saya merupakan hasil dari usulan masyarakat. Apabila saya terpilih jadi Kades Sumberkolak, maka 6 tahun ke depan InsyaAllah Desa Sumberkolak akan tuntas dari berbagai kemiskinan,” kata Armito, calon kades Nomor Urut 2.

Dilain pihak, Cakades Nomor urut 3 Yessy Yuli Agustin dalam menyampaikan visi dan misinya menerangkan, sebagai calon kades perempuan maka dirinya akan memberdayakan kaum perempuan dan memberikan makan kepada warga jompo, dan membantu siswa miskin serta meningkatkan kesehatan masyarakat serta mewujudkan masyarakat desa yang bermartabat.

“Jika saya terpilih menjadi kepala desa Sumberkolak, maka saya akan memberdayakan atau melibatkan seluruh masyarakat dalam pembangunan desa. Untuk itu, baik kaum perempuan maupun laki-laki pilih saya. Untuk, seluruh masyarakat jangan mau dikasih uang oleh salah satu kandidat, ” pungkas Yessy.

Sementara itu, Cakades Nomor Urut 4 Samsul Arifin dalam menyampaikan visi misinya mengajak seluruh masyarakat Desa Sumberkolak lebih cerdas dalam memilih calon kades. Jangan sampai masyarakat tertipu dengan casing cakades yang kelihatan baik, tapi hatinya jelek.

“Saya berjanji, jika saya terpilih menjadi Kades Sumberkolak maka saya akan mengabdi sepenuh hati untuk kepentingan masyarakat, bukan untuk kepentingan golongan maupun pribadi. Untuk itu, pilih saya nomor urut 4, niscaya saya tidak ingkar janji kepada masyarakat, ” kata Samsul.

Sementara, Tukiman Cakades Sumberkolak Nomor urut 5 dalam menyampaikan visi misinya mengatakan, permasalahan di Desa Sumberkolak belum semuanya tuntas. Untuk itu, jika dirinya terpilih menjadi kades Sumberkolak, maka pihaknya akan berjuang keras untuk kesejahteraan Masyarakat Sumberkolak.

“Jika saya terpilih menjadi Kades Sumberkolak, maka saya akan meningkatkan berbagai layanan masyarakat dan akan memberdayakan karang taruna Desa Sumberkolak serta meningkatkan pemberdayaan peternakan dan pertanian, ” kata Tukiman. (im/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Desa

Pemdes Pasir Putih Tuntaskan Penyaluran BLT-DD III, Diberikan kepada 173 KPM

Diterbitkan

||

Pemdes Pasir Putih Tuntaskan Penyaluran BLT-DD III, Diberikan kepada 173 KPM

Memontum Situbondo – Pemerintah Desa Pasir Putih telah menuntaskan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa (DD) tahun anggaran 2020. Dana yang dikucurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19 sebanyak 173 KK dari jumlah 1556 KK yang terdiri dari 6 dusun diberikan secara merata, Kamis (25/6/2020).

Kepala Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, H Zaenal mengatakan, bahwa bantuan ini diperuntukkan bagi warga yang sudah memenuhi kriteria yang datanya sudah ditentukan oleh Musdes khusus yang dihadiri oleh Ketua BPD, Sekdes, Tomas dan Toga desa Pasir Putih.

Kepala Desa Pasir Putih, H Zaenal bersama Camat Bungatan yang diwakili oleh Sekcam H Junaedi saat menyalurkan BLT-DD tahap III tahun anggaran 2020 secara simbolis. (her)

Kepala Desa Pasir Putih, H Zaenal bersama Camat Bungatan yang diwakili oleh Sekcam H Junaedi saat menyalurkan BLT-DD tahap III tahun anggaran 2020 secara simbolis. (her)

” Bantuan ini diharapkan tersalurkan pada warga kami yang terdampak secara ekonomi dengan adanya pandemi virus Corona atau Covid-19 dan kami ucapkan terima kasih banyak atas bantuan dan kerjasamanya satgas desa, yang sudah mengawal mulai dari proses perencanaan sampai pelaksanaan, ” katanya.

Kades Pasir Putih H Zaenal menyampaikan, kami berharap tidak ada persoalan baru, karena dana bantuan ini disalurkan untuk meringankan beban warga terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19.

“ Kepada masyarakat penerima. Kami meminta supaya memanfatkan bantuan BLT-DD ini untuk memenuhi dan membantu kebutuhan rumah tangga sehari-harinya, ” pungkasnya.

Ditambahkan H Zaenal, dari 173 KPM pada penyaluran BLT-DD tahap III ini selain Perangkat Desa dihadiri juga oleh BPD Desa Pasir Putih, Sekcam Bungatan, Kapolsek Bungatan serta Babinsa dan Babinkamtibmas Pasir Putih serta Pendamping Desa Kecamatan Bungatan.

” Total hari ini ada 173 (KPM) yang masing-masing menerima Rp.600 ribu. Kami membagikannya dengan pedoman warga yang terdampak covid-19 serta warga miskin yang telah di data oleh pihak RT / RW, “pungkasnya.

Sementara itu, Sekcam Bungatan, H Junaedi menghimbau kepada warga penerima manfaat untuk memperhatikan protap protokol kesehatan dengan wajib memakai masker, selalu cuci tangan dan jaga jarak.

“ Kami mewakili Bapak Camat, maka kami menghimbau kepada seluruh kepala desa yang ada di wilayah Kecamatan Bungatan untuk memajang atau dipampang di balai desa daftar nama-nama penerima BLT-DD agar dapat diketahui oleh warganya, ” pintanya.

Melalui Musdes warga Desa pembagian bantuan langsung tunai tahap III (ketiga) Desa Pasir Putih berjalan tertib dan lancar dengan standart protokoler kesehatan. Masyarakat tampak mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan pihak panitia desa. (her/yan)

 

Lanjutkan Membaca

Kabar Desa

Pemdes Wunut Bersama Tim relawan, Antisipasi Covid-19

Diterbitkan

||

Pemdes Wunut Bersama Tim relawan, Antisipasi Covid-19
Kepala Desa Wunut Puji Darjo (jaket hitam), bersama tim relawan saat mengecek suhu badan warga dan pengguna jalan. (gus)

Memontum Sidoarjo – Mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19, Pemerintah Desa Wunut Kecamatan Porong mendirikan 4 pos check point. Desa Wunut yang berada diutara sisi barat jalan raya arteri Porong yang menghubungkan Malang-Surabaya, menempatkan pos check point di pintu keluar masuk desa.

Kepala Desa Wunut Puji Darjo diruang kerjanya menjelaskan bahw selama PSBB berlangsung itu, pihaknya bersama-sama warga mendirikan 4 pos chek point . Antaralain pos check point berada dilingkungan RT. 11 diaera fly over. Di lingkungan RT. 01 berada didepan lapangan. Di lingkungan RT.19 berada diperbatasan antara Desa Wunut dengan Desa Pamotan dan di lingkungan RT. 21 berada diperbatasan antara Desa Wunut dengan Desa Candipari.

Pos chek point yang didirikan oleh Pemerintah Desa Wunut itu, dijaga tim relawan dari unsur Polri, TNI, Pemdes, Linmas, Petugas Kesehatan, BPD, RT, RW dan Karang Taruna. Sedangkan system penjagaan diberlakukan secara bergiliran, dan bergantian. Hal tersebut diawali pukul 07.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB, setelah itu pukul 15.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB, dan terakhir pukul 23.00 WIB sampai pukul 07.00 WIB.

Diakui Puji Darjo, Pemerintah Desa Wunut selama PSBB tahap I,II, III, dan new normal. Sebelumnya melakukan penyemprotan disinfektan kerumah warga sebanyak 5 kali, pemberian masker, dan sebagainya. “

Alhamdulilah, hasil check point dari 4 titik pos yang dilakukan tim rewalan itu negative. Setelah dilakukan check suhu badan atau thermogund. Diungkapkan jika bersifat urgent, seperti orang sakit, dan lainnya masih dapat melintasi desa Wunut, “ terangnya Kamis (25/6/2020) siang

Pelanggaran-pelanggaran memang masih banyak ditemukan, terutama tidak menggunakan masker yang dilakukan warga maupun pengguna jalan. Akan tetapi mereka diberikan sanksi teguran, dan dikembalikan untuk berbalik arah.

“Dimasa new normal, Pemerintah Desa Wunut berharap warga tetap mematuhi himbauan dan peraturan yang ada sesuai protokol kesehatan. Agar kita semua dapat terhindar, dari penyebaran wabah virus corona (Covid-19),” pungkasnya (gus/yan)

 

Lanjutkan Membaca

Kabar Desa

Tuntaskan Penyaluran BLT DD II, Pemdes Gelung Berikan ke 142 KPM

Diterbitkan

||

Tuntaskan Penyaluran BLT DD II, Pemdes Gelung Berikan ke 142 KPM

Memontum Situbondo – Pemerintah Desa Gelung telah menuntaskan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa (DD) tahun anggaran 2020. Dana yang dikucurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19 sebanyak 142 KK terdiri dari 6 dusun secara merata, Rabu (17/6/2020).

Kepala Desa Gelung Panarukan, H Hadi Baiquni mengatakan, bahwa bantuan ini diperuntukkan bagi warga yang sudah memenuhi kriteria yang datanya sudah ditentukan oleh Musdes.

“Bantuan ini diharapkan tersalur pada warga kami yang terdampak secara ekonomi dengan adanya pandemi virus Corona atau Covid 19 dan kami ucapkan terima kasih banyak atas bantaun dan kerjasamanya satgas desa, yang sudah mengawal mulai dari proses perencanaan sampai pelaksanaan, ” katanya.

Kades Gelung yang panggilan akrabnya dikenal masyarakat H Kukuk itu menyampaikan, kami berharap tidak ada persoalan baru, karena dana bantuan ini disalurkan untuk meringankan beban warga terdampak pandemi Covid-19.

“Kepada masyarakat penerima. Kami meminta agar memanfatkan bantuan BLT-DD ini untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-harinya,” pungkasnya.

Dari 142 KPM ada satu warga yang sakit atas nama Sinamo (70) tidak bisa hadir dikarenakan sakit, namun satgas desa Gelung yang didampingi Babinsa langsung mengantarkan ke rumah Sinamo RT 06 RW O3 dusun Gumuk Utara Desa Gelung Kecamatan Panarukan. Pada penyaluran BLT DD tahap II ini selain Kepala Desa dihadiri juga oleh BPD Desa Gelung, Camat Panarukan, Babinsa dan Babinkamtibmas serta Pendamping Desa Kecamatan Panarukan.

Camat Panarukan dan Kades Gelung saat menyalurkan BLT-DD tahap II tahun anggaran 2020 secara simbolis. (her)

Camat Panarukan dan Kades Gelung saat menyalurkan BLT-DD tahap II tahun anggaran 2020 secara simbolis. (her)

Sementara itu, Camat Panarukan H Marjulis menghimbau kepada warga penerima manfaat untuk memperhatikan protap protokol kesehatan dengan wajib memakai masker, selalu cuci tangan dan jaga jarak.

“Kami selaku Camat Panarukan menghimbau kepada seluruh kepala desa yang ada di wilayah kecamatan panarukan untuk memajang atau dipampang di balai desa daftar nama-nama penerima BLT – DD agar dapat diketahui oleh warganya, ” pintanya. (her/yan)

 

Lanjutkan Membaca

Terpopuler