Connect with us

Kabar Desa

Deklarasi Kampanye Damai Pilkades Serentak, Lima Calon Paparkan Visi Misi

Diterbitkan

||

Deklarasi Kampanye Damai Pilkades Serentak, Lima Calon Paparkan Visi Misi

Memontum Situbondo – Deklarasi Kampanye Damai Pilkades Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo yang berlangsung di barat kantor Balai Desa Sumberkolak terlaksana dengan tertib dan aman, Selasa (8/10/2019) sore.

Deklarasi Kampanye Damai Pilkades Sumberkolak tersebut dihadiri oleh Muspika Kecamatan Panarukan, diantaranya Camat, Kapolsek, Danramil Panarukan, BPD Desa Sumberkolak dan tamu undangan lainnya serta Panitia Pilkades Desa Sumberkolak.

 Lima Kades Saat paparkan visi misi. (imam)

Lima Kades Saat paparkan visi misi. (imam)

Dalam kampanye damai itu, lima calon kepala desa Sumberkolak tersebut memaparkan visi dan misinya untuk mensejahterakan masyarakat Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan.

Keterangan yang disampaikan oleh Camat Panarukan Marjulis dalam arahannya menghimbau, kepada seluruh calon Kades Sumberkolak agar mengedepankan kondisi yang kondusif, aman, lancar dan tertib. “Saya juga menghimbau kepada panitia pilkades agar bertindak jujur, adil dan bijaksana dalam menjalankan tugas sebagai panitia pilkades Sumberkolak, ” ujar Marjulis Camat Panarukan.

Lebih lanjut, Marjulis mengatakan, pilkades yang berlangsung di Desa Sumberkolak ini, agar berlangsung secara demokrasi, jujur dan adil.

“Saya menghimbau kepada para pendukung calon kades tidak terpancing dengan isu-isu adu domba yang dapat memecahbelahkan hubungan persaudaraan. Untuk itu, mari kita bersama sama ciptakan suasana pilkades yang kondusif, ” ajak Camat Panarukan.

Dalam visi dan misinya Cakades N0. 1 H. Sukarto menjelaskan, tentang keberhasilannya selama memimpin Desa Sumberkolak 2 periode.

“Jika nanti saya terpilih kembali, maka InsyaAllah semua pelayanan di Desa Sumberkolak akan lebih maju lagi. Dan saya juga akan mengentaskan kemiskinan agar masyarakat lebih sejahtera, ” jelas H. Sukarto Calon Kades Incumbent Desa Sumberkolak.

Selanjutnya, Cakades Nomor urut 2 Armito, dalam visi dan misi-nya menerangkan jika, dirinya terpilih nanti akan mengabdi dan berjuang untuk rakyat.

“Visi dan misi saya merupakan hasil dari usulan masyarakat. Apabila saya terpilih jadi Kades Sumberkolak, maka 6 tahun ke depan InsyaAllah Desa Sumberkolak akan tuntas dari berbagai kemiskinan,” kata Armito, calon kades Nomor Urut 2.

Dilain pihak, Cakades Nomor urut 3 Yessy Yuli Agustin dalam menyampaikan visi dan misinya menerangkan, sebagai calon kades perempuan maka dirinya akan memberdayakan kaum perempuan dan memberikan makan kepada warga jompo, dan membantu siswa miskin serta meningkatkan kesehatan masyarakat serta mewujudkan masyarakat desa yang bermartabat.

“Jika saya terpilih menjadi kepala desa Sumberkolak, maka saya akan memberdayakan atau melibatkan seluruh masyarakat dalam pembangunan desa. Untuk itu, baik kaum perempuan maupun laki-laki pilih saya. Untuk, seluruh masyarakat jangan mau dikasih uang oleh salah satu kandidat, ” pungkas Yessy.

Sementara itu, Cakades Nomor Urut 4 Samsul Arifin dalam menyampaikan visi misinya mengajak seluruh masyarakat Desa Sumberkolak lebih cerdas dalam memilih calon kades. Jangan sampai masyarakat tertipu dengan casing cakades yang kelihatan baik, tapi hatinya jelek.

“Saya berjanji, jika saya terpilih menjadi Kades Sumberkolak maka saya akan mengabdi sepenuh hati untuk kepentingan masyarakat, bukan untuk kepentingan golongan maupun pribadi. Untuk itu, pilih saya nomor urut 4, niscaya saya tidak ingkar janji kepada masyarakat, ” kata Samsul.

Sementara, Tukiman Cakades Sumberkolak Nomor urut 5 dalam menyampaikan visi misinya mengatakan, permasalahan di Desa Sumberkolak belum semuanya tuntas. Untuk itu, jika dirinya terpilih menjadi kades Sumberkolak, maka pihaknya akan berjuang keras untuk kesejahteraan Masyarakat Sumberkolak.

“Jika saya terpilih menjadi Kades Sumberkolak, maka saya akan meningkatkan berbagai layanan masyarakat dan akan memberdayakan karang taruna Desa Sumberkolak serta meningkatkan pemberdayaan peternakan dan pertanian, ” kata Tukiman. (im/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabar Desa

Terdampak Banjir Rob, 50 Rumah Penduduk di Tanjung Pecinan Situbondo Terendam

Diterbitkan

||

oleh

Terdampak Banjir Rob, 50 Rumah Penduduk di Tanjung Pecinan Situbondo Terendam

Memontum Situbondo – Sejumlah rumah warga di Dusun Karang Gedang (Tangsi) RT002 RW003, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, menjadi sasaran genangan air, Rabu (18/05/2022) tadi. Ketinggian air yang hingga mencapai sekitar 60 centimeter itu, diakibatkan karena terjadinya banjir rob.

Babinsa Tanjung Pecinan, Serma Saifuddin, menjelaskan bahwa banjir rob yang menggenangi permukiman penduduk itu, diakibatkan karena air dari muara. “Banjir rob ini terjadi mulai hari Senin hingga Rabu, 18 Mei 2022 ini. Air laut naik ke pemukiman warga, dengan intensitas tinggi. Air laut menjadi pasang hingga radius sekitar 1 kilometer dari bibir pantai,” jelas Serma Saifuddin.

Baca juga :

Sebagai langkah antisipasi, pihaknya bersama Trantib Kecamatan Mangaran, pun harus intens melakukan pengawasan. Termasuk, memberikan himbauan kepada masyarakat.

“Total ada sebanyak 50 rumah penduduk di Dusun Karang Gedang, yang setiap air pasang selalu tergenang,” terangnya. (her/sit)

Lanjutkan Membaca

Kabar Desa

Ngamuk dan Lempar Batu Rumah Warga, ODGJ Diamankan Satpol PP Situbondo

Diterbitkan

||

oleh

Ngamuk dan Lempar Batu Rumah Warga, ODGJ Diamankan Satpol PP Situbondo

Memontum Situbondo – Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ), berinisial IK (29), terpaksa diamankan petugas Satpol PP Situbondo, Minggu (15/05/2022) malam. Hal ini dikarenakan, IK sering mengamuk dan melempari batu ke rumah warga Dusun Lugundang, Desa Talkandang, Kecamatan Kota, Situbondo.

Kasatpol PP Kabupaten Situbondo, Buhari, membenarkan jika anggotanya telah mengamankan seorang ODGJ. “Dia diamankan petugas di rumahnya, karena sering mengamuk dan melempar rumah warga dengan menggunakan batu. Setelah berhasil diamankan, atas permintaan keluarganya, IK dititipkan di Puskesmas Jiwa Mlandingan, Situbondo,” ungkap Buhari, Senin (16/05/2022) tadi.

Baca juga :

Menurut  Buhari, sebetulnya pihak keluarga akan menitipkan IK di Shelter Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Situbondo. Namun, karena hingga saat ini belum ada jawaban dari petugas Dinsos Kabupaten Situbondo, sehingga IK dititipkan ke Puskesmas. “Akhirnya pihak keluarga sepakat untuk menitipkan ke Puskesmas Jiwa di Mlandingan,” ujarnya. (her/gie)

Lanjutkan Membaca

Kabar Desa

Mantan Ketua DPC PDI-Perjuangan Situbondo Terpilih Jadi Kades Klatakan

Diterbitkan

||

oleh

Mantan Ketua DPC PDI-Perjuangan Situbondo Terpilih Jadi Kades Klatakan

Memontum Situbondo – Pemerintah desa (Pemdes) Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) pergantian antar waktu (PAW), Selasa (10/05/2022) tadi. Dalam pelaksanaan yang digelar di Aula Balai Desa Klatakan, itu akhirnya berhasil memilih Narwiyoto, sebagai kepala desa (Kades) PAW Desa Klatakan.

Narwiyoto sendiri, dalam Pilkades itu berhasil mengumpulkan sebanyak 83 suara. Sedangkan dua calon lainnya, yakni Hj Surya Cahyani memperoleh 73 suara dan Bura’i hanya memperoleh 42 suara.

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) Desa Klatakan, Muhammad Irwan, mengatakan bahwa peserta musyawarah sepakat

melalui mekanisme pemungutan suara. Sehingga, dapat diketahui hasilnya dan sudah dituangkan dalam berita acara hasil penghitungan suara.

Baca juga:

Lebih lanjut Muhammad Irwan menjelaskan, bahwa untuk penetapan calon pemenang atau calon terpilih, sudah ditetapkan bersama oleh panitia PAW melalui Surat Keputusan (SK) Panitia Pemilihan. Yaitu, calon urut nomor urut satu, atas nama Narwiyoto mendapat suara terbanyak dan dinyatakan sebagai Kades terpilih hasil Pemilihan Kades Antar Waktu (PAW).

“Maka selanjutnya, secara resmi sebagaimana peraturan Bupati Situbondo Nomor 19 Tahun 2019, maka dalam jangka waktu 7 hari setelah acara ini, panitia akan melaporkan hasil keseluruhan kepada BPD dan untuk selanjutnya BPD melaporkan ke bapak Bupati melalui DPMD. Untuk selanjutnya, merekomendasikan acara pelantikan kades terpilih dan langkah-langkah tersebut sudah berdasarkan Perbup,” ujarnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Kepala Desa Klatakan, Rizki Suswoyo, mengatakan pihaknya berterima kasih kepada semua pihak atas terlaksananya kegiatan pelaksanaan Pilkades PAW. Dirinya berharap, Cakades terpilih bisa mengayomi masyarakat secara keseluruhan dalam memajukan pembangunan  baik di dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan, pelaksanaan pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

“Sehingga, masyarakat di Desa Klatakan ini secara menyeluruh dapat di ayomi demi memajukan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat secara keseluruhan di Desa Klatakan Kecamatan Kendit,” paparnya.

Cakades terpilih, Narwiyoto, yang juga mantan Ketua DPC PDI-Perjuangan Situbondo, mengaku bersyukur atas amanah yang diberikan masyarakat Desa Klatakan. (her/sit)

Lanjutkan Membaca

Terpopuler